BMW R18 Spirit of Passion, Didesain Pakai Pensil dan Tip-Ex

Kompas.com - 20/01/2021, 17:41 WIB
BMW R18 Kingston Custom Foto: Top Gear/ BMW MotorradBMW R18 Kingston Custom
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tampilan retro klasik BMW R18 merupkan salah satu motor yang jadi sasaran modifikasi. Salah satunya ialah bengkel Kingston Custom.

Lewat tangan dingin Dirk Oehlerking, pungawa Kingston Custom, dia berhasil mewujudkan R18 dengan gaya yang esentrik tapi tetap bernuasa zaman dulu.

Baca juga: Modifikasi BMW R18 Neo-Retro Bagger

BMW R18 Kingston CustomFoto: Top Gear/ BMW Motorrad BMW R18 Kingston Custom

Oehlerking membuat fairing super besar di bagian depan sampai menutupi ban, yang sekilas sedikit mengingatkan bentuk muka mobil kecil BMW Isseta tahun 1950-an.

Bentuk depan motor bernama 'Spirit of Passion' itu tampil menawan dengan sentuhan kidney grill khas BMW. Bentuknya memanjang vertikal dan jadi salah satu daya tarik utama.

BMW R18 Kingston CustomFoto: Top Gear/ BMW Motorrad BMW R18 Kingston Custom

" BMW R18 sangat sempurna, saya membiarkan teknologinya apa adanya. Sasisnya 100 persen asli dan sangat canggih sehingga tidak ada yang perlu diubah di sini," kata Oehlerking, mengutip Top Gear, Rabu (20/1/2021).

Oehlerking juga mengubah fender belakang. Bentuknya unik nyaris menutupi seluruh ban belakang. Lampu setopnya seperti sirip, dan knalpotnya dibuat lebih simpel.

BMW R18 Kingston CustomFoto: Top Gear/ BMW Motorrad BMW R18 Kingston Custom

Baca juga: Kenalan dengan Motor Lawas BMW R5, Kakek dari BMW R18

Oehlerking mengatakan, sebisa mungkin dia membuat motor yang bisa menampilkan jiwa, pesona, dan karakter.

BMW R18 Kingston CustomFoto: Top Gear / BMW Motorrad BMW R18 Kingston Custom

Proses penentuan desain pun tidak mudah. Sebab setelah motor jadi mesti ada perawatan. Sehingga dia butuh memfokuskan gaya apa yang ingin ditonjolkan.

“Setelah saya membuat pilihan itu, saya mulai dengan sketsa dengan pensil dan Tip-ex. Lalu saya terus melakukannya sampai saya tahu di lubuk hatiku, ya ini tepat sekali!," katanya.



Sumber Top Gear
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X