Bukti Pengendara Motor Tak Hanya Butuh Teknik tapi Juga Skill Khusus

Kompas.com - 20/01/2021, 16:21 WIB
Pengendara motor nyaris celaka Foto: Tangkapan laya video akun Instagram @agoez_bandz4Pengendara motor nyaris celaka
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video viral di media sosial, memperlihatkan seorang pengendara motor yang kelimpungan mengendalikan motornya dan nyaris celaka.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, @agoez_bandz4, pengendara itu beraksi lepas tangan. Kemudian masuk tikungan dia mengerem tapi motornya sulit dikendalikan.

Baca juga: Tips Mengendarai Motor yang Aman dan Nyaman untuk Wanita

Akhirnya motornya memotong jalur pengendara lain di tikungan. Sang pengendara selamat. Tapi dia nyaris mencelakai dirinya dan pengendara lain yang saat itu melintas.

 

Ilustrasi kecelakaan motorgas2.org Ilustrasi kecelakaan motor

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, kejadian tersebut merupakan bukti mengendarai motor butuh kemampuan yang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau kita lihat pertama di melaju di atas 40 kpj, kemudian dia terlambat mengerem, breaking point-nya telat. Dia melakukan pengereman dengan ban belakang saja, sehingga terjadi overstreer di mana bagian roda belakang mengunci," kata Jusri kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Terlepas dari cara berkendara, Jusri mengatakan, kejadian ini menyangkut masalah keterampilan. Keterampilan kata Jursi ada dua, keahlian yang sifatnya teknis dan soft skill.

Dalam hal ini pengendara tersebut kurang soft skill karena tidak memperhitungkan risiko yang bisa terjadi. Dia juga tidak fokus saat berkendara dan berisiko mencelakai orang lain.

Baca juga: Realisasi Penjualan Sepeda Motor 2020, Terburuk Sejak 2017

Warga mendokumentasikan tragedi ketika seorang perempuan setengah baya berbaring di aspal, sementara roknya melilit gir motor yang ditumpanginya. Peristiwa terjadi di Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.DOKUMENTASI WARGA Warga mendokumentasikan tragedi ketika seorang perempuan setengah baya berbaring di aspal, sementara roknya melilit gir motor yang ditumpanginya. Peristiwa terjadi di Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada dasarnya kejadian ban belakang mengunci sehingga motor sulit dikendalikan tersebut tidak akan terjadi jika pengendara itu tidak main-main di jalan.

"Masalahnya dia mengendarai motor kemudian oversteer dan dekat belokan, masih beruntung itu hanya sepeda motor yang melintas, kalau truk sudah habis dia," katanya.

"Mengenai kemampuan, masalah keterampilan tidak mesti ada tapi bisa berangkat dari pengalaman dan akan meningkat sendirinya, tapi soft skill ini juga perlu," katanya.

"Kenapa dia melakukan itu, (bermain-main) saat sedang berkendara," kata Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.