Kompas.com - 16/01/2021, 16:41 WIB
Honda CR-Z Mugen dilengkapi dengan supercharger dan punya tenaga 176 tk cardriverblogHonda CR-Z Mugen dilengkapi dengan supercharger dan punya tenaga 176 tk

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sebelumnya membahas soal turbo dan intercooler, sekarang redaksi Kompas.com akan menjelaskan soal supercharger. Mulai fungsi hingga cara kerjanya dan apa bedanya dengan turbo.

Supercharger pada dasarnya memiliki fungsi yang sama seperti turbo, yaitu meningkatkan udara yang masuk ke ruang mesin, sehingga pembakaran jadi lebih baik. Efeknya tentu pada tenaga yang jadi meningkat.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, prinsip supercharger dan turbo hampir sama, perbedaannya hanya ada di sumber dayanya.

Baca juga: Jangan Asal, Perhatikan Ini Saat Membeli Aki Mobil


“Kalau turbocharge memanfaatkan gas buang, namun supercharge disambungkan dengan belt dari putaran mesin atau pulley,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun Didi mengatakan kalau turbo lebih efisien dibanding dengan supercharger. Hal ini dikarenakan untuk menggerakkan turbo, mesin tidak dibebankan. Namun supercharger tidak perlu dipasang intercooler untuk mendinginkan udaranya.

Baca juga: Impresi Perdana Jajal Performa Nissan Magnite di Jalur Perkotaan

“Supercharge enggak perlu intercooler, karena udara yang dihasilkan tidak panas seperti turbocharge,” kata Didi.

Kemudian untuk perawatannya, cukup dengan melakukan servis berkala. Pada bagian supercharger ada oli tersendiri yang berbeda dengan oli mesin. Cukup perhatikan pelumasan supercharger agar tetap bisa bekerja dengan optimal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X