Mitos atau Fakta, Airbrush pada Bodi Motor Harus Rajin Dipoles?

Kompas.com - 16/01/2021, 13:42 WIB
Kawasaki Zephyr 400 bergaya cafe racer dengan airbrush garapan Dad Painting Dok. KustomfestKawasaki Zephyr 400 bergaya cafe racer dengan airbrush garapan Dad Painting

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak pemilik sepeda motor yang mengaplikasikan airbrush pada kendaraannya. Sebab, hasil yang ditampilkan berbeda jika dibandingkan menggunakan stiker atau decal.

Namun, banyak juga yang tak paham bagaimana merawat bodi motor yang sudah dilapisi airbrush. Sehingga, tampilannya tidak bisa bertahan lama.

Baca juga: Cara Melepas Stiker yang Benar di Bodi Motor

Padahal, perawatan airbrush pada bodi motor cukup mudah. Tidak perlu banyak peralatan dan pengeluaran.

Komunitas Airbrush Indonesia di ajang Tumplek Blek 2016Otomania/Setyo Adi Komunitas Airbrush Indonesia di ajang Tumplek Blek 2016

Yoni Ismail dari Yonz Art di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan bahwa airbrush yang tidak terawat bisa berubah menjadi kusam atau bahkan pudar warnanya.

"Jika tidak dirawat, paling hanya bertahan satu tahun. Perawatannya mudah, cukup cuci dengan shampoo khusus sepeda motor," ujar Yoni, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Merawat Bodi Motor yang Dilapis Carbon Kevlar

Yoni menambahkan, bodi motor tidak perlu dipoles terlalu sering. Sebab, bisa membuat lapisan pernis malah terkikis. Jika sudah terkikis, maka airbrush akan cepat pudar.

"Sebagus apapun pernisnya, jika setiap kali motor dicuci terus dipoles, pasti akan cepat pudar. Cukup lakukan pemolesan dua bulan sekali," kata Yoni.

Jika airbrush dirawat dengan benar, seharusnya bisa bertahan hingga tiga tahun sampai empat tahun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X