Estetika Spion Bus Tanduk dan Fungsinya

Kompas.com - 16/01/2021, 15:22 WIB
Bus AKAP PO Borlindo Gerry Adrian/New Armada JatibaruBus AKAP PO Borlindo

JAKARTA, KOMPAS.comSpion pada bus merupakan komponen penting untuk mengurangi blind spot bus yang besar. Memiliki fungsi yang penting, spion pada bus pun berkembang modelnya seiring zaman berganti.

Misalnya saja kalau bus zaman dahulu, model spion lebih sederhana, berupa kaca cembung berbentuk persegi panjang yang ditopang oleh batang besi. Sedangkan model spion kekinian, bentuknya seperti tanduk dengan tampilan yang lebih keren.

Design Development karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, spion yang awalnya elemen fungsional dan wajib disematkan pada bus, pada akhirnya menjadi bagian estetika bus.

Baca juga: Desain Bus Towing Buatan PO Primajasa Dianggap Nyeleneh

spion busKompas.com/Fathan Radityasani spion bus

“Boleh dibilang kalau tanpa spion tanduk, bus jadi kurang lengkap. Antara desain bus dan desain spion harus selaras dan menyatu,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Deddy mengatakan, biasanya bentuk spion diteruskan ke bodi, begitu juga dengan pemasangannya. Pada area penopang spion, memang cukup rumit karena bersinggungan dengan banyak komponen bus.

“Misalnya seperti pilar-A, spion, bando atau topi, pilar atas pintu depan dan mungkin juga bertemu dengan garnish samping atau selendang, jadi perlu diolah dengan cermat,” kata Deddy.

Baca juga: Jajal Bus Tingkat Rosalia Indah Jurusan Bogor-Malang

Kemudian, soal spion tanduk zaman sekarang, ada kalanya fungsinya kurang maksimal. Sebagian kaca spion tertutup pilar-A dari pandangan pengemudi. Oleh karena itu, beberapa model bus memiliki spion kecil persis di samping kaca pengemudi.

“Dengan adanya kaca spion kecil di samping kaca driver, pengemudi jadi bisa mengatasi blind spot di sisi kanan bus,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.