Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Kenal Mesin Turbo, Tapi Sudah Tahu Apa Itu Intercooler?

Kompas.com - 16/01/2021, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sebelumnya Otopedia membahas bagaimana cara kerja dari turbo, sekarang akan dibahas pasangannya, yaitu intercooler.

Lalu apakah fungsi, cara kerja, dan bagaimana cara merawat dari intercooler ini?

Untuk fungsinya, intercooler bekerja untuk mendinginkan udara yang dikeluarkan dari turbo. Dengan melewati intercooler, udara dari turbo yang panas akan didinginkan sehingga udara lebih dingin masuk ke ruang mesin.

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, udara yang dingin ini dapat meningkatkan pembakaran di ruang mesin menjadi sempurna.

Baca juga: Tanpa Integrasi, Tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek Tembus Rp 62.500


“Kalau tanpa intercooler, udara jadi panas sehingga kurang sempurna, performanya juga tidak begitu naik,” ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Intercooler ini bekerja mengikuti prinsip thermodinamika. Pada bagian dalam intercooler, terjadi konveksi dan induksi, perpindahan panas akibat pergerakan fluida. Desain intercooler sendiri terdiri dari pipa dan diantaranya ada sirip untuk mendinginkan.

Baca juga: Direktur Ducati Akhirnya Terusik Oleh Komentar Pedas Dovi

“Posisi intercooler sendiri ada di depan bagian bawah seperti halnya radiator. Udara yang ada di intercooler didinginkan dengan udara saat kendaraan berjalan,” kata Didi.

Kemudian untuk merawatnya, Didi mengatakan cukup mengecek selang sambungan antara pipa. Karena udara yang bertekanan tinggi, sambungan di intercooler bisa bocor. Selain itu untuk usia pakai, Didi mengatakan kalau komponen ini awet dan jarang rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com