Kompas.com - 21/12/2020, 15:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memerhatikan desain mobil, bagian belakang tentu menjadi salah satu yang menarik dibahas. Di bagian belakang sisi bawah, bisa terlihat adanya knalpot tempat keluarnya udara sisa dari ruang bakar.

Jika dilihat, dalam setiap mobil setidaknya memiliki satu lubang knalpot atau muffler, baik di sisi kari maupun kanan. Namun ada juga beberapa mobil dengan dua knalpot, satu di kiri dan satu lagi di kanan.

Lalu apa ada pengaruh pada performa dari jumlah knalpot yang ada pada mobil?

Baca juga: Liburan Pakai Mobil Pribadi Wajib Sertakan Hasil Rapid Test Antigen?

Kasat Lantas Polres Cilegon AKP Ali Rahman saat mengatur arus lalu lintas di pertigaan JLS Ciwandandok Polres Cilegon Kasat Lantas Polres Cilegon AKP Ali Rahman saat mengatur arus lalu lintas di pertigaan JLS Ciwandan

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, jumlah knalpot yang lebih banyak bisa karena desainnya dan ada juga yang untuk performa.

"Biasanya kalau basic bentuk mesinnya V yang knalpotnya dua. Jadi sesuai dengan bentuk mesinnya," kata Didi kepada Kompas.com, Senin (21/12/2020).

Sedangkan untuk mesin inline atau segaris, biasanya hanya satu saja mufflernya. Namun untuk mesin inline juga ada yang memiliki dua muffler, biasanya memperhitungkan untuk mendongkrak performanya.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Perjalanan Semua Moda Transportasi di Musim Libur

"Kalau mesin segaris keluarnya dua, bisa untuk performa. Karena dibutuhkan gas keluar yang besar untuk mesinnya," ucap Didi.

Muffler ganda ini biasanya dipakai untuk mesin yang khusus performa, sehingga tidak ngeden. Jadi udara yang keluar dari ruang bakar bisa keluar lebih bebas, tidak terhambat.

Sedangkan untuk mesin biasa atau bukan khusus performa dan memakai dua muffler, itu hanya sebagai desain saja, tidak terlalu berpengaruh pada performanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.