Dengan atau Tanpa Marquez, MotoGP Tetap Menarik

Kompas.com - 21/12/2020, 13:46 WIB
Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020 HRCMarc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez hingga kini belum menentukan tanggal pasti kapan dirinya akan comeback, setelah melakukan operasi ketiga cedera lengan tangan kanannya.

Comeback The Baby Alien di MotoGP 2021 pun diprediksi bisa mundur karena proses penyembuhan pascaoperasi ketiga itu diyakini tak akan memakan waktu sebentar.

Setidaknya pebalap berusia 27 tahun itu, bisa absen selama enam bulan. Itu pun jika tidak ada masalah lagi pada lengan kanannya.

Baca juga: Masa Valentino Rossi Disebut Sudah Habis

Kondisi ini membuat banyak pihak meragukan gelaran MotoGP 2021 bisa menarik.

Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).AFP/LLUIS GENE Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).

Juara Dunia MotoGP 2020 Joan Mir menanggapi kondisi Marquez yang terancam absen panjang di MotoGP 2021. Ia memastikan bahwa balapan MotoGP 2021 akan tetap menarik, dengan atau tanpa Marquez di lintasan balap.

Baca juga: KTM Siap Sambut Kerja Sama dengan Tim Sky VR46

Sebab, masih ada banyak pembalap yang akan bersaing memperebutkan gelar juara secara kompetitif.

“Olahraga ini banyak risikonya. Dan kami juga harus paham dengan risiko ini. Tapi, kamu juga harus paham batasan,” ujar Joan Mir dikutip dari Paddock GP, Senin (21/12/2020).

Menurut Joan Mir, semua rider harus paham untuk tidak melampaui batas, karena jika nekat mereka bisa terluka.

“Marquez membuat kesalahan di balapan pertama dan ada banyak kejuaraan di mana pembalap utama jatuh atau cedera. Kemudian, yang lain mengambil kesempatan untuk memenangkan kejuaraan. Ini tidak berarti bahwa kejuaraan memiliki nilai yang lebih rendah,” ucap Mir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.