Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos HRC Kecewa, Yakin Baru Bisa Juara Dunia Lagi di 2022

Kompas.com - 11/12/2020, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalannya MotoGP 2020 tidak seperti yang diharapkan oleh Honda Racing Corporation (HRC). Pabrikan asal Jepang ini mengaku kecewa dan yakin bisa meraih lagi juara dunia, tapi tidak dalam waktu dekat.

HRC menutup musim 2020 ini melalui unggahan video di YouTube pada Kamis, 10 Desember 2020. Dalam video tersebut, Direktur HRC Noriaki Abe menyampaikan kekecewaannya akan prestasi Honda di MotoGP.

Baca juga: Dokter Sebut Tulang Lengan Marquez yang Infeksi Harus Dipangkas

"Tahun ini, hasil MotoGP mengecewakan. Tapi, saya yakin dalam dua tahun ke depan, kami bisa kembali meraih gelar juara dunia," ujar Noriaki Abe.

Alex Marquez (Repsol Honda) berada di podium MotoGP Aragon 2020.MIRCO LAZZARI GP / GETTY IMAGES EUROPE / GETTY IMAGES VIA AFP Alex Marquez (Repsol Honda) berada di podium MotoGP Aragon 2020.

Di musim 2020, Honda hampir tidak bisa merasakan naik podium dengan absennya Marc Marquez karena cedera yang dialaminya. Marc terpaksa absen satu musim penuh karena patah tulang lengan kanan yang dialaminya pada seri pembuka di Jerez.

Beruntung, masih ada adiknya, Alex Marquez, yang memersembahkan dua podium untuk Honda. Alex finis dua kali berturut-turut di urutan kedua saat bersaing di MotoGP Le Mans dan MotoGP Aragon.

Baca juga: Marquez Terpaksa Jalani Perawatan Lagi Pasca-operasi Ketiga

Meski demikian, Alex gagal meraih targetnya untuk menjadi Rookie of the Year. Gelar tersebut jatuh ke tangan Brad Binder yang berhasil meraih kememangan pertamanya di MotoGP.

Di kubu tim satelit LCR Honda, Cal Crutchlow juga meraih hasil yang naik turun karena cedera yang dialaminya. Sedangkan rekan setimnya, meski belum berhasil naik podium, tapi performanya secara keseluruhan yang paling konsisten.

Takaaki Nakagami akan mengawali race MotoGP Teruel dari posisi paling depan setelah menjadi yang tercepat saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Teruel, Sabtu (24/10/2020).AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Takaaki Nakagami akan mengawali race MotoGP Teruel dari posisi paling depan setelah menjadi yang tercepat saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Teruel, Sabtu (24/10/2020).

Untuk musim 2021, Marc diyakini belum bisa tampil maksimal. Alex yang bergeser ke LCR Honda juga sepertinya masih akan mengumpulkan pengalaman, begitu pula dengan Nakagami. Sedangkan Pol Espargaro yang baru masuk Repsol Honda, dipastikan akan beradaptasi dulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com