Kompas.com - 08/12/2020, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Marc Marquez telah menjalani operasi ketiga pada cedera patah tulang lengan atasnya. Dokter Claudio Costa, spesialis dokter ortopedi sekaligus pendiri Clinica Mobile, mengatakan, ada prosedur yang bisa membuat cederanya lekas pulih.

Disebutkan bahwa Marquez mengalami infeksi pada tulang lengannya yang patah. Infeksi tersebut yang membuat pebalap asal Spanyol tersebut harus kembali dioperasi dan menjalani perawatan intensif.

Baca juga: Marquez Terpaksa Jalani Perawatan Lagi Pasca-operasi Ketiga

Dokter Costa mengatakan, jika terjadi osteomielitis, bukan berarti kondisi ini tidak akan kambuh lagi suatu saat. Semua yang bisa dilaukan untuk membuat tulang tersebut sembuh harus dilakukan.

Kondisi Marc Marquez pasca operasi ketiganyaTangkapan layar Instagram @marcmarquez93 Kondisi Marc Marquez pasca operasi ketiganya

"Lepaskan pelat, pasang batang pengikat eksternal, dan jika perlu, gunakan batang pengikat jika harus memangkas humerus (tulang lengan) untuk membersihkan area tersebut," ujar dokter Costa, dikutip dari GPone.com.

Menurut dokter Costa, tidak akan ada masalah serius jika humerus menjadi sedikit lebih pendek. Sebab, tulang tersebut tidak digunakan untuk berjalan. Teknik serupa pernah dilakukan pada cedera kaki yang dialami Mick Doohan.

Baca juga: Pengamat MotoGP Sebut Marc Marquez Tidak Ikut Balap di 2021

Sebelumnya, dokter Costa sudah mengatakan bahwa penggunaan pelat tidaklah tepat untuk jenis patah tulang seperti yang dialami Marquez. Solusi terbaik saat itu, menurutnya, adalah menyematkan pin.

"Faktanya, jika Anda ingin meraih hasil tertentu, Anda harus mengambil beberapa risiko. Pikirkan apa yang kami lakukan pada Mick Doohan. Jika mereka menggunakan pin, Marc sudah bisa balapan di Jerez dan menang di Brno," kata dokter Costa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.