SPBU Listrik Pertama Beroperasi di Fatmawati, Jakarta Selatan

Kompas.com - 11/12/2020, 07:22 WIB
Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati PertaminaPertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) resmi mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Pertamina yang terletak di SPBU Fatmawati, Jakarta Selatan.

Pengoperasian SPBU listrik atau SPKLU secara komersial ini merupakan yang pertama dan bertepatan dengan hari ulang tahun ke-63 Pertamina.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, peluncuran SPKLU yang akan melayani masyarakat secara langsung tersebut adalah salah satu upaya dalam mendukung pemerintah untuk mendorong tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik dalam negeri.

"Inilah hasil inovasi Pertamina untuk mendukung penggunaan energi bersih dan energi terbarukan di Indonesia sekaligus sebagai persembahan Pertamina pada HUT-nya yang ke-63," ujar Fajriyah dalam keterangan resminya, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Konsumen Ingin Beli Mobil Listrik, tetapi Harganya Masih Mahal

Menurut Fajriyah, SPKLU di SPBU Fatmawati ini merupakan Stasiun Pengisian Daya Fast Charging 50 kW yang mendukung pengisian daya dari berbagai type gun atau colokan mobil listrik di Indonesia.

Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di FatmawatiPertamina Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati

Hal ini karena SPKLU tersebut dilengkapi oleh beberapa tipe pengisian daya ke kendaraan yang sesuai dengan standar Eropa ataupun Jepang.

Seperti CCS2 (Europe standard), Chademo (Japanese standard), serta 65 kW AC berupa 43k W plug AC Type 2 dan 22 kW inlet AC type 2, yang digunakan oleh mobil listrik di Indonesia saat ini dan bisa dipakai pada saat yang bersamaan.

Tak hanya itu, SPKLU juta memiliki fasilitas yang dapat mengisi dua kendaraan sekaligus dengan metode fast charging. Dengan demikan, pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama ketika melakukan pengisian ulang.

Menurut Fajriyah, alasan SPBU Fatmawati menjadi SPKLU komersial pertama Pertamina dikerenakan beberapa pertimbangan. Salah satunya lantaran wilayah yang memiliki pasar potensial.

Baca juga: SPKLU Bakal Tersedia di SPBU Hingga Pasar Swalayan

Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di FatmawatiPertamina Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati

"Dengan dukungan stakeholder, Pertamina siap mengembangkan bisnis pengisian daya mobil listrik di masa depan untuk mendukung Indonesia Maju, ramah lingkungan, dan bebas polusi," kata Fajriyah.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada informasi resemi atau keterangan soal tarif untuk melakukan pengecasan di SPKLU milik Pertamina tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X