Merawat Jaket Kulit buat Bikers, Jangan Pakai Sabun

Kompas.com - 25/11/2020, 10:22 WIB
Perwakilan bikers Honda Vario touring dari gedung Sarikat Islam, Benteng Willem 2, Monumen Palagan, Port Willem 1, hingga finish di rumah Veteran Ambarawa. ISTIMEWAPerwakilan bikers Honda Vario touring dari gedung Sarikat Islam, Benteng Willem 2, Monumen Palagan, Port Willem 1, hingga finish di rumah Veteran Ambarawa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaket sebagai perlengkapan berkendara sepeda motor sekarang ini beragam jenis dan bahannya. Salah satu perlengkapan berkendara favorit para bikers, adalah jaket kulit.

Jaket kulit yang terdapat di pasar pada umumnya terbagi dua, ada yang sintetis ada yang asli dari penyamakan binatang. 

Baca juga: Pilih Jaket Berpelindung Saat Naik Motor

Bahan yang paling popular digunakan adalah jenis kulit domba dan sapi. Tapi, ada juga yang menggunakan kulit unta, kerbau, kangguru, dan lainnya.

Pilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan. maximomoto.com Pilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan.

Meski banyak yang menggunakan jaket kulit sebagai salah satu perlengkapan berkendara, tak banyak orang yang paham bagaimana cara merawatnya.

Antonius Rangga, pemilik gerai apparel berkendara RC Motogarage, mengatakan, perawatan jaket kulit cukup mudah. Bahkan, tidak membutuhkan banyak bahan.

"Kalau pakai cairan yang memang untuk kulit tidak masalah, seperti mink oil. Sebab, dia kan memang harus lembab. Sarung tangan kulit pakai hand body juga menurutnya tak masalah," ujar Rangga, saat ditemui di RC Motogarage, di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pilihan Jaket Motor Harian buat Para Biker

Rangga menambahkan, cara mencucinya juga tidak perlu deterjen. Lalu, saat mengeringkannya cukup diangin-anginkan saja.

Menurutnya, langkah perawatan paling penting yang harus diperhatikan adalah saat menjemurnya.

"Sebenarnya kalau jaket kulit itu saat menjemurnya jangan kena matahari langsung. Sebab, saat kulit itu basah, terus dijemur di bawah matahari langsung akan mengeras," kata Rangga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X