Hatchback Terlaris Oktober 2020, Hyundai Ioniq BEV Mulai Terjual

Kompas.com - 25/11/2020, 09:22 WIB
New Honda Jazz yang baru saja mendapat penyegaran (26/7/2017). IstimewaNew Honda Jazz yang baru saja mendapat penyegaran (26/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perebutan jatah kue pasar hatchback di pasar Tanah Airter antara Honda Jazz dan Toyota Yaris kembali memanas selama Oktober 2020 seiring tumbuhnya daya beli masyarakat.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada bulan kesepuluh penjualan wholesales Yaris mulai tumbuh menjadi 628 unit dari 78 unit selama September 2020.

Sementara Jazz sebagai mobil kompak perkotaan andalan Honda masih cukup stabil untuk memimpin pasar dengan volume penjualan sebanyak 746 unit, naik dari bulan sebelumnya yaitu 573 unit.

Baca juga: Penjualan Mobil Terpangkas hingga 50 Persen, Itu Respons Alamiah

Toyota Yaris Facelift 2020TAM Toyota Yaris Facelift 2020

Menariknya dalam waktu bersamaan mobil listrik murni alias battery electric vehicle (BEV) terbaru Hyundai, Ioniq, ternyata sudah mencatatkan penjualan sebanyak 34 unit. Memang masih terbilang belum spektakuler, tapi langkah pabrikan Korea Selatan ini cukup menarik untuk dinanti.

Tepat berada di bawah kedua pesaing terkuat di hatchback tersebut ada Suzuki Baleno dengan catatan penjualan 72 unit. Cukup mengejutkan, sebab Baleno mengalami penurunan tajam dari sebelumnya mampu mencetak angka 291 unit.

Mazda2 (15 unit), VW Polo (3 unit), serta KIA Rio (1 unit) secara berurutan mengisi daftar bontot di hatchback terlaris pada Oktober 2020. Secara keseluruhan, meski tidak tinggi pasar mobil kompak mengalami pertumbuhan secara bulanan.

Baca juga: Anomali Mobil Elektrifikasi di Tengah Pandemi

Tes drive Hyundai IoniqKompas.com Tes drive Hyundai Ioniq

Berikut data penjualan Hatchback per Oktober 2020:

Honda Jazz 746 unit
Toyota Yaris 628 unit
Suzuki Baleno 72 unit
Honda Civic Hatchback 68 unit
Hyundai Ioniq Electric 34 unit
Mazda2 15 unit
VW Polo 3 unit
KIA Rio 1 unit



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X