Ford Ranger Menjelajah Bali-Jakarta dengan Solar dari Sampah Plastik

Kompas.com - 25/11/2020, 10:02 WIB
Get Plastic lakukan perjalanan Bali Jakarta Pakai Bahan Bakar Sampah Plastik IstimewaGet Plastic lakukan perjalanan Bali Jakarta Pakai Bahan Bakar Sampah Plastik

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada 2018, Get Plastic melakukan perjalanan ramah lingkungan dengan memakai bahan bakar bensin dan solar yang diperoleh dari pengolahan sampah plastik dengan metode pirolisis.

Jika sebelumnya, sang pendiri organisasi Gerakan Tarik Plastik (Get Plastic) Dimas Bagus Widjanarko melakukan perjalanan 1.200 kilometer menyusuri Pulau Jawa dan Bali.

Perjalanan ini merupakan bagian dari kampanye #pedulisampahplastik yang dilakukan Get Plastic. Tahun ini, organisasi peduli lingkungan ini menginisiasi perjalanan yang lebih panjang bertajuk, Demi Ibu Bumi.

Berdasarkan akun Instagram Get Plastic, Demi Ibu Bumi merupakan perjalanan ramah lingkungan yang diinisiasi untuk merespons permasalahan-permasalahan lingkungan yang melukai alam.

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Bedanya Tim Satelit dan Tim Pabrikan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Get Plastic Foundation (@getplastic_id)

 

Untuk menguji kelayakan dan ketahanan bahan bakar olahan sampah plastik, Get Plastic mengadakan test drive dari Bali-Jakarta pada 26 November sampai 30 November 2020.

Salah satu aktivis dari Get Plastic Foundation Ayu mengatakan, perjalanan ini dilakukan dengan mengemudikan satu mobil yang akan diisi dengan bahan bakar dari sampah plastik yang sudah diolah.

“Mobil yang digunakan yaitu Ford Ranger memakai bahan bakar solar hasil olahan sampah plastik yang sudah dikumpulkan oleh warga sekitar di Bali,” ucap Ayu kepada Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Bus Lintas Sumatera Jarang Berikan Servis Makan Gratis

Ayu mengatakan, nantinya akan dikumpulkan 100 liter solar dari hasil olahan untuk melakukan perjalanan dari Bali sampai Jakarta. Untuk bahan bakarnya, nanti akan dibawa dalam tangki yang diangkut oleh mobil lainnya.

“Jadi ada satu mobil lagi yang menjaga Ford Ranger, untuk membawa solar hasil olahan sampah plastik, jadi support car,” kata Ayu.

Ford Ranger Black Edition Ford Ranger Black Edition

Dari perjalanan Bali – Jakarta, Get Plastic juga akan berkunjung ke desa-desa yang sudah ditentukan untuk melakukan penyuluhan sekaligus workshop olah sampah plastik menjadi bahan bakar.

“Desa dampingannya ada di Pacung, SIngaraja. Lalu Desa Cluring, Banyuwangi kemudian menuju Madiun dan terakhir ke Jakarta,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X