Skuter Roda 3 Piaggio MP3 500 HPE, Punya Gigi Mundur

Kompas.com - 19/11/2020, 10:22 WIB
Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance KOMPAS.com/GilangPiaggio MP3 500 HPE Sport Advance


JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced meluncur di Indonesia. Skuter roda tiga itu mengusung mesin baru dan sudah dilengkapi gigi mundur.

Adanya fitur gigi mundur akan memudahkan pengendara saat ingin parkir atau sekadar memindahkan posisi motor. Sebab bobot MP3 500 HPE tergolong berat yakni 282 kg.

Baca juga: Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced Meluncur, Harga Rp 360 Juta

iaggio MP3 500 HPE Sport Advanced.KOMPAS.com/Gilang iaggio MP3 500 HPE Sport Advanced.

Cara mengoperasikan gigi mundur ini mudah. Pertama ialah mengaktifkan gigi mundurnya. Bentuknya saklar (switch), terletak di bagian kiri dashboard, untuk mundur tekan mode R (reverse).

Ada tiga syarat agar gigi mundur ini bekerja, yaitu mesin hidup, kondisi mesin stasioner, dan gas tertutup. Sebelum tiga syarat itu terpenuhi maka motor tidak bisa mundur.

Setelah gigi mundur diaktifkan, maka akan terdengar bunyi peringatan. Setelah itu pengendara bisa memundurkan motor seharga Rp 360 juta ini seperti sedang memarkirkan mobil.

Baca juga: Alasan Vespa Sei Giorni II Edition Lebih Murah dari Edisi Pertama

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced.KOMPAS.com/Gilang Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced.

Untuk mundur motor tidak digas tapi cukup menekan tombol starter. Karena kalau digas artinya tidak memenuhi syarat di atas yaitu keadaan mesin stasioner.

Mekanisme gigi mundurnya juga unik karena memakai motor listrik atau dinamo. Motor listriknya terletak di bagian CVT. Kecepatan mundurnya tunggal yaitu 2 kpj. 

Terakhir. Mundurnya bisa dalam lima kondisi, yaitu sendirian, boncengan, motor sambil dikunci hidrolik (stand), sambil tidak dikunci, dan pengendara tidak di atas motor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X