Potret Fenomena Downgrade Mobil Bekas Selama Pandemi

Kompas.com - 19/11/2020, 07:22 WIB
Mobil bekas di WTC Mangga Dua KOMPAS.com/Aprida Mega NandaMobil bekas di WTC Mangga Dua

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memiliki dampak signifikan pada beragam sektor bisnis, apalagi sejumlah usaha harus tutup pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Tidak sedikit masyarakat yang mulai menjual aset agar bisa memenuhi kebutuhan, salah satu aset yang relatif mudah cair adalah mobil.

Joni Gunawan, pebisnis mobil seken di WTC Mangga Dua mengatakan, konsumen banyak yang melakukan downgrade selain menjual langsung.

Baca juga: Okupansi Transportasi Umum di Jakarta Belum Membaik

Maksud dari downgrade itu sendiri adalah menukar mobil bekas dengan mobil yang segmennya lebih murah dari mobil pertama. Sehingga konsumen akan mendapat untung dari selisih harga jual yang diterima.

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

“Dari bulan Juli sampai Oktober, memang banyak pemilik mobil yang downgrade. Biasanya dari CR-V yang harganya Rp 500 jutaan, turun ke Mobilio yang Rp 200 jutaan,” ujar Joni saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Utara, Rabu (18/11/2020).

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menambahkan, fenomena downgrade saat ini memang menjadi salah satu pilihan untuk bertahan di tengah pandemi.

Baca juga: Begini Cara Jaga Suasana Hati Saat Mengemudi

“Paling masuk akal dari mobil Jepang ke Cina, misal dari Innova turun ke Wuling. Ini karena perbedaan dari sisi spesifikasi dan fitur tidak begitu jauh. Selain itu konsumen yang melakukan downgrade ke merek Cina biasanya dapat keuntungan lebih besar,” kata Herjanto.

Lain halnya jika downgrade dilakukan dengan mobil yang sama-sama dari merek Jepang. Untuk mendapatkan selisih harga yang besar, pemilik medium MPV harus menukar dengan mobil di segmen LCGC.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X