DAMRI Jadi Bus Resmi Pekerja Migran Indonesia, Diantar Berangkat dan Pulang

Kompas.com - 18/11/2020, 14:01 WIB
Kerja sama Damri dan BP2MI DamriKerja sama Damri dan BP2MI

JAKARTA, KOMPAS.com - DAMRI bersama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia ( BP2MI) untuk turut serta memberikan perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Bentuk dukungan tersebut disinergikan melalui penandatanganan kerja sama antara DAMRI dan BP2MI tentang pemberangkatan dan pemulangan Pekerja Migran Indonesia, yang dilakukan pada Selasa (10/11/2020) di Ruang Serbaguna Gedung BP2MI, Jakarta Selatan.

Direktur Utama DAMRI Setia N Milatia Moemin mengatakan, dalam kerja sama tersebut, terdapat ruang lingkup dalam memberikan perlindungan bagi pekerja migran.

Baca juga: Pemilik Mobil Bikin Garasi di Pinggir Jalan, Ingin Tunjukkan Status Kemapanan

Kerja sama Damri dan BP2MIDamri Kerja sama Damri dan BP2MI

Antara lain memfasilitasi embarkasi ke bandara, debarkasi ke daerah asal, debarkasi ke shelter UPT/BP2MI, dan berbagai tempat lain di wilayah Indonesia.

“Keberadaan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) selain menjadi diaspora di luar negeri, juga berkontribusi bagi negara sehingga DAMRI siap hadir untuk melindungi dan memberikan dukungan,” ucap Setia pada siaran resmi.

Seluruh operasional bus DAMRI di Indonesia telah dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dengan mengedepankan 4 K, yaitu Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan, dan Kesehatan penumpang dan pramudi.

Baca juga: Modifikasi All New Honda Scoopy 2020, Jadi Makin Modis

Kerja sama Damri dan BP2MIDamri Kerja sama Damri dan BP2MI

DAMRI memperketat pelaksanaan protocol Covid-19 di lapangan dengan memastikan pengaturan jaga jarak penumpang di dalam armada (physical distancing), wajib menggunakan masker bagi penumpang dan pramudi, mengukur suhu tubuh, dan mencuci tangan sebelum masuk armada.

“DAMRI berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan diperluas di kemudian hari untuk membantu para pekerja migran, baik ketika merantau maupun kembali ke Tanah Air,” kata Setia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X