Bukan Sembarang Mobil Sultan, Cerita Fitra Eri Saat Modifikasi Limo Taksi

Kompas.com - 15/11/2020, 12:01 WIB
Pemenang Indonesia Modification Expo (2020) Live Modz Sultan Taxi Fitra Eri KOMPAS.com/Aprida Mega NandaPemenang Indonesia Modification Expo (2020) Live Modz Sultan Taxi Fitra Eri

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitra Eri dinobatkan sebagai pemenang Live Mods 2020 pada gelaran Indonesia Modification Expo (2020) yang digelar Oktober lalu. Ini artinya pebalap nasional tersebut mampu mempertahankan gelar sejak Live Mods IMX 2019.

Akan tetapi ada yang berbeda, jika pada Live Modz 2019 sebelumnya memakai mobil baru yakni Datsun Go. Tahun ini para peserta diberikan unit eks taksi Toyota Limo yang juga bekas terendam banjir.

Baca juga: Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Ditargetkan Beroperasi 2023

Fitra berhasil menyabet kemenangan dengan modifikasi “ Sultan Taxi” miliknya. Dibandingkan dengan dua kontestan lainnya, mobil ini memang lebih berkonsep dan eksploratif di mana hanya ada satu orang driver dan satu orang penumpang, seperti kabin first class di pesawat terbang.

Sultan Taxi Fitra EriKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Sultan Taxi Fitra Eri

Nama Sultan sendiri memiliki singkatan, S untuk Sensasional, karena mobil diperuntukkan hanya untuk 2 penumpang. U untuk Unik, L artinya luxurious, T tempting atau menggoda, A advance, dan N yang melambangkan kenormalan baru.

“Sejak awal saya memang ingin merubah konsep jadi sesuatu yang baru, bukan hanya sekedar modifikasi. Ini kan mobil taksi yang sudah hampir mati, jadi saya berpikir untuk mengembalikan harga dirinya sebagai taksi tapi dengan konsep VVIP,” ujar Fitra saat ditemui Kompas.com, Jumat (15/11/2020).

Baca juga: Efek Buruk Kendaraan Kompresi Rendah Pakai BBM Oktan Tinggi

Fitra mengatakan, alasan lain dirinya memilih tema Sultan Taxi lantaran kondisi pandemi yang sedang terjadi saat ini.

“Itu juga yang menjadi alasan (pandemi) kenapa ada sekat, jadi untuk mengurangi penyebaran virus. Dan penumpang VVIP biasanya menginginkan sesuatu yang privacy,” kata Fitra.

Detail bodi Sultan TaxiKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Detail bodi Sultan Taxi

Sejumlah ubahan dilakukan pada bagian eksterior dan interior pada mobil Toyota Limo eks taxi tersebut. Fitra mengaku hanya membutuhkan waktu dua bulan dan menghabiskan dana sekitar Rp 70 jutaan.

“Kalau untuk eksterior, kita ubah bagian depan menjadi Vios Gen 4. Kemudian bodinya kita airbrush dengan warna dasar biru yang merefleksikan identitas awal dari mobil ini, dan bertransformasi menjadi sesuatu yang lebih elegan dengan sentuhan warna gelap di pinggir serta tarikan garis-garis yang mencerminkan teknologinya,” ucap Fitra.

Sementara dari segi interior, Fitra melakukan ubahan total, sebab yang dipertahankan hanya di sektor pengemudinya.

Interior Sultan Taxi Fitra EriKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Interior Sultan Taxi Fitra Eri

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X