Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Jenis Jas Hujan dan Kisaran Harganya

Kompas.com - 15/11/2020, 09:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan pengendara sepeda motor tentu butuh jas hujan atau rain coat. Dari segi material jas hujan banyak macamnya, dan memengaruhi harga dari murah sampai mahal.

Pada umumnya jas hujan yang sering digunakan oleh pengemudi motor adalah one piece atau yang sering disebut jas hujan ponco dan two piece (satu setel).

Jas hujan jenis ponco sebetulnya didesain untuk pejalan kaki, bukan untuk pengendara motor.

Modelnya yang tidak tertutup semua dan rentan akan terpaan angin, membuat jas hujan model ponco berbahaya sebab bisa tersangkut di rantai motor atau ban motor motor yang menyebabkan roda atau rantai terkunci dan selip.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia, Morbidelli Pole Position

Maka dari itu pengemudi motor disarankan untuk menggunakan jas hujan dengan model two piece.

Untuk model two piece, setidaknya ada tiga jenis bahan yang biasa digunakan. Pertama yaitu bahan PVC, kedua polyester dan ketiga yaitu goretex.

Jas Hujan KOMPAS.com/Gilang Jas Hujan

Reyner Alexander, pemilik toko helm premium dan apparel RC Motogarage mengatakan, jas hujan yang paling diminati oleh pengendara motor saat ini adalah polyester karena harga terjangkau, ringan dan tidak terlalu panas.

Baca juga: Hasil FP4 MotoGP Valencia 2020, Rins Mendominasi

“Kalau PVC memang paling murah meriah tapi panas saat digunakan, sedangkan goretex yang paling unggul karena sirkulasi udara baik, tapi harganya cukup di atas rata-rata,” ujar Reyner saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/11/2020).

Sebaiknya pilih bahan yang 100 persen polyester, sebab ada juga yang campuran mulai 40 persen sampai 80 persen. Bahan polyester yang 100 persen lebih kuat namun lebih mahal.

Reyner mengatakan, kisaran harga untuk PVC sekitar Rp 150.000 sampai Rp 300.000. Sementara untuk bahan polyster sekitar Rp 600.000 sampai Rp 1,2 juta (satu set).

“Paling mahal goretex bisa sekitar Rp 1,2 juta sampai Rp 2 juta hanya untuk baju saja belum termasuk celana,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com