Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Ditargetkan Beroperasi 2023

Kompas.com - 15/11/2020, 11:01 WIB
Ilutrasi Jembatan Tungtang di Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (16/6/2017). KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESIlutrasi Jembatan Tungtang di Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (16/6/2017).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendapatkan konsesi jalan tol baru dengan kepemilikan saham mayoritas setelah ditetapkan sebagai pemenang lelang proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen.

Entitas perusahaan baru, PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) yang dimiliki beberapa BUMN, didirikan untuk melancarkan rencana ini.

Keputusan pembangunan jalan tol sepanjang 75,82 Km ini dihadiri dan ditandatangani langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama sejumlah pejabat terkait.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia, Morbidelli Pole Position

Menteri PUPUR Basuki Hadimuljono menghadiri seremoni persiapan pembangunan Jalan tol Yogyakarta-Bawen.Kementerian PUPR Menteri PUPUR Basuki Hadimuljono menghadiri seremoni persiapan pembangunan Jalan tol Yogyakarta-Bawen.

Dalam sambutannya, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa hadirnya Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ini akan mewujudkan jalur segitiga emas yang menghubungkan Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar).

"Dengan adanya jalan tol ini, maka Joglosemar akan menjadi satu kawasan yang terintegrasi satu sama lain. Infrastruktur ini akan dihubungkan dengan infrastruktur yang telah dibangun pada periode sebelumnya," ujar Basuki, dalam keterangan resmi (14/11/2020).

Menteri PUPR juga menambahkan bahwa pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ini untuk mempercepat waktu tempuh dari dan ke wilayah Semarang dan Yogyakarta.

Baca juga: Mesin All New Honda PCX Naik Kelas Jadi 157 cc, Karakter Berubah Total

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menghadiri seremoni persiapan pembangunan Jalan tol Yogyakarta-Bawen.Jasa Marga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menghadiri seremoni persiapan pembangunan Jalan tol Yogyakarta-Bawen.

“Dengan ini, pengunjung (wisatawan) tidak kehabisan waktu di jalan, punya waktu lebih lama di sini dan dampaknya diharapkan aktivitas ekonomi juga meningkat,” kata Basuki.

Sementara itu, Direktur Utama PT JJB Mirza Nurul Handayani, mengatakan, dengan adanya Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ini, perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta akan menjadi lebih cepat, dari sebelumnya memakan waktu 3 jam menjadi hanya 1,5 jam.

“Kita berharap semua tahapan pembangunan proyek berjalan sesuai dengan target. Kami optimis akan mulai pembangunan di Agustus tahun 2021 dan beroperasi penuh di Kuartal III tahun 2023,” ucap Mirza, dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: SUV Bekas di Bawah Rp 100 Juta di Balai Lelang, Ada Terios, CR-V hingga Harrier

 

Jalan tol Yogyakarta-Bawen diprediksi akan memangkas waktu perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta.Jasa Marga Jalan tol Yogyakarta-Bawen diprediksi akan memangkas waktu perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta.

Untuk diketahui, Jalan Tol Yogyakarta–Bawen memiliki nilai investasi sebesar Rp14,26 triliun dengan masa konsesi selama 40 tahun.

Jalan tol ini akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Tengah sepanjang 67,05 Km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,77 Km.

Dengan penambahan konsesi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, maka hingga saat ini konsesi Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia mencapai 1.603 Km.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X