Memanaskan Mesin Mobil Matik, Posisi Tuas di P Bisa Merusak Transmisi?

Kompas.com - 13/11/2020, 19:01 WIB
Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara kerja mobil bertransmisi matik berbeda dengan mobil bertransmisi manual. Untuk itu, banyak terjadi perdebatan mengenai posisi tuas transmisi saat sedang memanaskan mesin.

Sebagian orang beranggapan bahwa memanaskan mesin mobil matik dengan posisi tuas di P itu salah. Banyak yang bilang bahwa posisi tuas transmisi harus ada di posisi N.

Baca juga: 6 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Transmisi Matik

Sebab, jika posisi tuas di P, pompa oli tidak bekerja dan tidak melumasi komponen yang ada di sistem transmisi. Akibatnya, komponen pada transmisi matik akan aus dan umurnya menjadi lebih pendek.

Komponen transmisi matikAditya Maulana, KompasOtomotif Komponen transmisi matik

Menanggapi hal tersebut, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mengatakan, informasi tersebut tidaklah benar, bahkan mengarah pada kekeliruan.

“Tidak benar anggapan tersebut. Antara posisi P dan N, oli transmisi tetap bekerja,” ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Nyetir Mobil Transmisi Matik, Jangan Biasakan Injak Rem Pakai Kaki Kiri

Bambang menjelaskan, saat posisi tuas transmisi berada di P, lock output shaft akan terkunci secara manual. Saat tuas dipindah ke posisi N, kunci akan terlepas dari shaft.

Pada mobil bertransmisi matik, pompa oli transmisi akan langsung bekerja selaras dengan putara mesin. Begitu mesin menyala, pompa oli pun akan ikut bekerja dan tekanan oli langsung bergerak melumasi kampas dan komponen lainnya.

Tuas Transmisi Suzuki IgnisAditya Maulana - Otomania Tuas Transmisi Suzuki Ignis

“Jadi, tidak ada pengaruhnya mau di P dan N. Lagi pula, sekarang memanaskan mobil itu tidak perlu lama-lama, teknologi, material, dan oli sudah lebih canggih. Begitu mesin menyala, mau langsung dipakai juga tidak masalah,” kata Bambang.

Namun, jika dilihat dari segi keselamatan, posisi tuas transmisi yang tepat saat memanaskan mesin adalah di posisi P.

Menurut Bambang, untuk mencegah mobil bergerak. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengaktifkan rem tangan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X