Sopir Harus Lakukan Ini Kalau Bus Mengalami Rem Blong

Kompas.com - 12/11/2020, 18:29 WIB
Satlantas Polres Tasikmalaya langsung memasang garis polisi guna penyelidikan kecelakaan bus masuk jurang di Jalan Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (10/11/2020) dini hari tadi. a KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHASatlantas Polres Tasikmalaya langsung memasang garis polisi guna penyelidikan kecelakaan bus masuk jurang di Jalan Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (10/11/2020) dini hari tadi. a

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian kendaraan besar seperti truk atau bus yang mengalami rem blong, sering terjadi di Indonesia. Jika tidak disikapi dengan benar, kejadian rem blong bisa mencelakakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Pengemudi bus sendiri memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga keselamatan penumpangnya. Namun jika pengemudi merasa bus yang dikemudikannya rem blong, ada cara yang aman bagaimana cara menyikapinya.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu akan menjelaskan bagaiman sikap yang harus dilakukan pengemudi bus jika dirasa rem kendaraannya blong.

Baca juga: Komentar Galang Hendra Setelah Tes All New Aerox 155 di Sirkuit

sopir busKompas.com/Fathan Radityasani sopir bus

“Ada langkah-langkahnya, pertama jangan panik, pastikan remnya blong. Ketika remnya blong, gunakan rem-rem lain, seperti retarder, exhaust brake atau engine brake,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Kamis (12/11/2020).

Perlu diketahui, ada dua jenis rem pada bus, pertama yaitu rem utama atau service brake yang ada di kaki. Kemudian ada rem pembantu, yaitu exhaust brake atau rem knalpot dan retarder yang keduanya berfungsi membantu rem utama.

Baca juga: Dua Bus Baru Angkatan Pagi PO Maju Lancar

“Gunakan rem-rem yang lain sambil mencari titik-titik aman untuk escape. Kalau ada jalur untuk rem blong, bisa ke situ, namun jika tidak ada, bisa cari pasir,” kata Jusri.

Secara ilmiah, gundukan pasir, semak-semak, rumput bahkan sawah bisa mengurangi laju kendaraan. Bisa juga dengan menyerempetkan bus ke tebing, kalau tidak ada juga bisa diserempet ke truk atau bus yang parkir.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X