Mengenal Awal Mula Bus High Deck

Kompas.com - 12/11/2020, 12:50 WIB
Mercy 1521 imotorium.comMercy 1521

JAKARTA, KOMPAS.comBus yang beredar di Indonesia saat ini kebanyakan sudah mengadopsi model dek tinggi atau high deck (HD). Bahkan beberapa karoseri juga membuat model dengan dek lebih tinggi atau biasa disebut super high deck (SHD).

Namun sebelumnya, bus memiliki dek yang tidak begitu tinggi. Salah satu ciri yang membedakan bus dek tinggi yaitu lantai penumpang yang lebih tinggi dari kursi pengemudi. Kemudian untuk bus mesin depan, penutup mesin sudah sejajar dengan lantai kabin.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, karoseri yang pertama menggunakan istilah high deck pada bus buatannya saat masih zaman single glass yaitu Adiputro dan Rahayu Santosa.

Baca juga: Kia Sonet Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 190 Jutaan

Bus AKAP OH 1836Karoseri Indonesia Bus AKAP OH 1836

“Munculnya itu kira-kira tahun 2010, Adiputro dengan bodi Jetbus pertama dan Rahayu Santosa memakai bodi Skyliner,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Dimas mengatakan, bedanya bus HD dengan yang biasa yaitu ada selisih tinggi yang cukup besar, yaitu 20 cm. Jadi tinggi bus non-HD kira-kira 3,5 meter, sedangkan yang HD tingginya berkisar 3,7 meter.

Setelah tren HD, baru lah muncul bus berbodi SHD. Dimas mengatakan kalau zaman itu, bus SHD hanya dikhususkan untuk sasis-sasis premium. Namun tidak lama dari itu, sasis Hino juga bisa untuk dipasangkan ke bodi SHD dengan beberapa modifikasi.

Baca juga: Bocoran Honda HR-V Terbaru, Bersiap Diluncurkan?

Bus AKAP Sumatrayoutube Bus AKAP Sumatra

“Masa-masa peralihan dari bus HD ke SHD muncul pada awal sasis tronton atau triple axle masuk ke Indonesia. Bus yang HD jadi agak tinggi, belum setinggi SHD tapi sudah mau sampai tahap itu,” kata Dimas.

Pelopor dari bus SHD yaitu karoseri Nusantara Gemilang dengan bodi Maxi Miracle SHD. Baru setelah itu diikuti oleh karoseri Rahayu Santosa dengan bodi Jetliner dan Adiputro dengan Jetbus 2++ SHD.

Untuk bus SHD sendiri, saat ini karoseri memiliki bodi andalannya masing-masing, tingginya pun bervariasi antara 3,85 meter sampai 3,9 meter. Contoh bodi SHD yaitu Jetbus 3+ SHD dari Adiputro, Legacy SR2 XHD Prime buatan Laksana, dan Avante H9 dari Tentrem.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X