Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swap Baterai Motor Listrik di SPBKLU Ezyfast Rp 10.000

Kompas.com - 06/11/2020, 10:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESMD), resmi meluncurkan operasional Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk sepeda motor listrik di tiga lokasi.

Keberadaan SPBKLU tersebut diharapkan bisa membantu mobilitas pemilik motor listrik, karena dengan demikian tak perlu repot mencari charging station, cukup dengan menukar saja.

Lantas bagaimana cara menggunakan SPBKLU dan berapa biaya yang harus dikeluarkan pemilik motor listrik untuk menukar baterai tersebut.

Baca juga: 10.000 SPBKLU Ditargetkan Bakal Tersebar di 2025

Menjawab hal ini, Nicodemus Suheri selaku pemilik SPBKLU Ezyfast, menjelasakan bila penggunaannya sangat mudah dan cepat. 

"Tidak sampai 3 menit ya, dari pemilik lepas baterai di motor yang ingin ditukar sampai pasang baterai yang sudah dalam kondisi terisi daya full di kabinet," ucap Nico saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/11/2020).

SPBKLU Motor listrikGrab Indonesia SPBKLU Motor listrik

"Saat sampai di SPBKLU, tinggal lakukan scan QR code melalui ponsel, lalu masukan baterai yang sudah digunakan ke kabinet, ambil baterai baru yang sudah terisi, pasang, lalu tinggal jalan. Seperti beli tabung gas saja," kata dia.

Menurut Nico, sistem penukaran baterai dengan kemudahan dan kecepatannya justru lebih praktis dibandingkan harus mengisi daya dan mencari colokan lebih dulu.

Sementara untuk biaya tukar baterai kosong dengan baru, menurut Nico akan dikalkulasikan dari kemampuan baterai lalu dikalikan per kilometernya.

Baca juga: Stasiun Swap Baterai Motor Listrik Mulai Tersedia di Alfamart

"Hitungannya sewa, jadi per kilometer (km) Rp 200. Rata-rata baterai motor listrik itu punya kapasitan atau kemampuan jelajah diantara 40 sampai 50 km, jadi tinggal dikalikan saja," ujar Nico.

"Saat ini satu di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kuningan, dan kita masih terus pengembangan jaringan, karena konsepnya nanti juga bisa untuk franchise," kata dia.

Stasiun Penukaran Baterai Kendaaan Listrik Umum (SPBKLU) Grab Indonesia Stasiun Penukaran Baterai Kendaaan Listrik Umum (SPBKLU)

Dari kisaran tersebut, bila dikalikan artinya harga sewa baterai motor listrik berada dikisaran antara Rp 8.000 hingga Rp 10.000, untuk pemakaian 40-50 km.

Sedangkan ketika ditanya untuk jenis baterainya, Nico menjelaskan sejauh ini kompatibel untuk motor listrik keluaran Viar, Selis, dan Kymco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com