Kapan Pelat Nomor Khusus Kendaraan Listrik Berlaku?

Kompas.com - 06/11/2020, 07:12 WIB
Pelat nomor kendaraan listrik akan diberikan warna biru pada ruang masa berlaku PolriPelat nomor kendaraan listrik akan diberikan warna biru pada ruang masa berlaku
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk membedakan kendaraan dengan mesin bakar internal dan motor listrik, kepolisian telah menyiapkan pelat nomor khusus.

Secara umum, pelat nomor ini memiliki bentuk yang sama, namun ada tambahan garis biru untuk membedakan keduanya.

Garis biru ini terdapat di bagian bawah pelat nomor, tepatnya di bagian angka tanggal dan tahun Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ( TNKB).

Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Martinus Aditya, mengatakan, perbedaan pelat nomor ini dilakukan agar kendaraan listrik mudah dikenali atau dicirikan saat melaju di jalan.

Baca juga: Bus Bikinan Bengkel Primajasa, Bisa Gendong Mobil

Martinus menambahkan, pelat nomor khusus ini sudah bisa didapatkan oleh konsumen kendaraan listrik sejak beberapa bulan yang lalu.

“Sudah mulai didistribusikan, nanti saat pendaftaran akan diberikan pelat nomor tersebut,” katanya saat dihubungi Kompas.com (5/11/2020).

Untuk diketahui, penetapan pelat nomor khusus ini merupakan upaya Polri dalam mendukung Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Baca juga: Masih Tangguh dan Gagah, Ini Deretan SUV Bekas Rp 70 Jutaan

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

FYI : Bentuk Plat Nomor / TNKB kendaraan Listrik berbasis Baterai yang beroperasi di Jalan Raya... Ada penambahan warna biru di permukaan TNKB @ntmc_polri @rtmcpoldajabar

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sat Lantas Polresta Bogor Kota (@satlantas_polrestabogorkota) pada 16 Okt 2020 jam 12:42 PDT

Di samping itu, pemberian warna khusus dilakukan agar pengguna mobil atau motor listrik bisa lebih mudah dikenali.

Hal ini bertujuan agar saat regulasi soal keringanan bagi pemilik kendaraan listrik telah berlaku, penerapan di lapangan bisa lebih mudah dilakukan.

Misalnya saat mendapat bebas biaya parkir, kebal terhadap aturan ganjil genap, hingga pajak yang lebih murah dan lain sebagainya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X