Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kendaraan Listrik yang Dapat Fasilitas Bebas BBN-KB di Jakarta

Kompas.com - 06/11/2020, 09:12 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta memberikan fasilitas berupa pembebasan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) bagi pemilik kendaraan listrik. Kebijakan ini dimulai sejak awal 2020 dan berlaku sampai 2024.

Ketentuan ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 3 tahun 2020 tentang Insentif Pajak BBN-KB atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Aturan tersebut juga sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan, pasal 17 ayat (1) dan (2).

Baca juga: Jika SIM Hilang, Pemilik Harus Bikin Baru Lagi?

Bagi anda yang ingin mendapatkan fasilitas tersebut dan berniat membeli kendaraan listrik, berikut daftar kendaraan yang bebas BBN-KB.

Tesla Model 3 Tesla Model 3

- Tesla Model 3

Kendaraan listrik yang mendapatkan fasilitas bebas BBNKB adalah Tesla model 3. Kendaraan tipe ini merupakan satu dari beberapa tipe kendaraan listrik yang dibuat oleh perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat.

Tesla Model 3 merupakan mobil listrik termurah yang dimiliki Tesla. Model 3 yang hadir di Indonesia terdiri dari tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance.

Masing-masing tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Pearl White Multi Coat, Solid Black, Midnight Silver Metallic, Deep Blue Metallic, & Red Multi Coat.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Biaya Mengurus SIM yang Hilang

Desain BMW i3s Desain BMW i3s

- BMW i3s

BMW i3s juga masuk dalam daftar kendaraan listrik yang mendapatkan fasilitas bebas BBN-KB. Mobil listrik ini memiliki desain cukup dinamis dengan bagian bumper depan menampilkan surround berwarna hitam.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.