Stasiun Swap Baterai Motor Listrik Mulai Tersedia di Alfamart

Kompas.com - 04/11/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi SPBKLU KOMPAS.com/RulyIlustrasi SPBKLU
Penulis Stanly Ravel
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati Hari Listrik Nasional ke-75, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan tiga Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU)untuk pengguna motor listrik di Ibu Kota.

Ketiganya berlokasi di Alfamart Gandaria 3 di Jl. Jatayu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan oleh Oyika, Kantor PLN UP3 Cikokol Tangerang oleh Grab Indonesia dan Kymco, dan satu lagi di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kuningan, Jakarta Selatan oleh Ezyfazt dan Oyika.

Kehadiran stasiun penukaran baterai tersebut menurut Menteri (ESDM) Arifin Tasrif, diharapkan bisa menjadi solusi pengguna motor listrik agar tak repot mencari charging station.

"Diharapkan SPBKLU ini dapat menjadi salah satu solusi percepatan terbentuknya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Melalui SPBKLU, pengisian ulang baterai dapat dilakukan dengan lebih cepat karena dukungan teknologi," ujar Arifin dalam acara webinar yang digelar pada Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Ada SPBKLU, Motor Listrik Tak Perlu Repot Ngecas Lagi

Arifin juga meminta agar SPBKLU ini bisa dikembangkan lebih luas lagi ke depan. Dengan demikian, manfaatnya juga akan makin terasa bagi masyarakat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait masalah penggunaan SPBKLU yang masih terbatas lantaran terganjar populasi motor listrik yang masih minim, Arifin juga meminta agar semua pihak terkait berperan untuk mulai melakukan promosi.

Sementara itu, ketika menanggapi persoalan dari motor listrik yang sampai saat ini harganya masih cukup tinggi, Arifin hanya memaparkan bila pemerintah tengah melakukan beberapa upaya untuk bisa menekan banderol motor listrik.

"Secara prospek di masa mendatang, SPBKLU ini akan cerah. Jadi baiknya terus upayakan peningkatan-peningkatan dari segi peralatan kemampuan pengisiannya sehingga nanti kita bisa merespons dengan cepat," ucap Arifin.

"Pemerintah sedang berupaya bagaimana caranya agar harga motor listik bisa kompetitif. Dengan itu diharapkan akan makin banyak lagi kendaraan listrik dipakai, dan tentunya akan dibutuhkan infrastruktur SPBKLU. Jadi kita dorong terus sama-sama," kata dia.

Baca juga: 10.000 SPBKLU Ditargetkan Bakal Tersebar di 2025

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, sebelumnya mengatakan bila saat ini sudah tersedia sembilan titik lokasi SPBKLU. Enam SPBKLU ada di Jakarta Selatan, satu SPBKLU di Kota Tangerang, dan dua unit lainnya di Kota Tangerang Selatan.

Viar New Q1Kompas.com/Donny Viar New Q1

Rida juga memaparkan bila pada 2025, ditargetkan akan ada pertumbuhan SPBKLU yang secara jumlah jauh lebih banyak dari saat ini.

"Sesuai dengan roadmap SPBKLU, pada tahun 2025 nanti ditargetkan akan tersedia 10.000 unit SPBKLU dan pada tahun 2030 akan dibangun 15.625 unit SPBKLU," ucap Rida.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X