Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Sudiro Tungga Jaya Rilis Bus Baru Buatan Adiputro

Kompas.com - 01/11/2020, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sebelumnya membuat tiga bodi bus Avante H9 di karoseri Tentrem dengan sasis tronton, PO Sudiro Tungga Jaya (STJ) merilis satu Jetbus 3+ UHD tambahan dari karoseri Adiputro.

Sebelumnya memang pernah bocor foto bus PO STJ sedang dibuat di karoseri asal Malang ini. Ada tiga bus yang sedang proses pembuatan dalam dokumentasi itu, namun sekarang baru satu saja yang dirilis.

Satu bus milik PO STJ ini menggunakan sasis tronton dari pabrikan Jerman, Mercedes-Benz OH 2542. Sedangkan sisanya, memakai sasis Volvo B11R. Berbeda dengan buatan karoseri Tentrem sebelumnya yang ketiganya memakai sasis Scania K410iB.

Baca juga: Berburu SUV Bekas di Balai Lelang, CR-V Hanya Rp 80 Jutaan

 

Mercedes-Benz OH 2542 memiliki mesin diesel 11.967 cc, enam silinder segaris dengan turbo dan intercooler. Mesin besar ini menghasilkan tenaga 422 TK di 1.900 rpm dan torsi 1.900 Nm di 1.100 rpm.

Sasis tronton saat ini memang mulai diminati oleh operator bus. Melihat kondisi infrastruktur jalan tol di Indonesia yang mulai membaik, sasis tronton diklaim lebih efisien dibanding sasis bus dengan dua axle.

Untuk bodinya sendiri, Jetbus 3+ UHD merupakan bodi yang spesial. Bodi UHD ini memiliki posisi pengemudi di lantai bawah, sedangkan semua kursi penumpangnya ada di dek atas. Jadi bagian bawah bus hanya diisi dengan kabin pengemudi serta bagasi yang ekstra luas.

Baca juga: Dalam Waktu Dekat Tol Layang Jakarta-Cikampek Segera Bertarif

Bus AKAP PO STJsolotigo.com Bus AKAP PO STJ

Dimensi dari bus UHD pun tidak berbeda jauh dengan bus tingkat milik Adiputro, hanya lebih rendah sekitar 13 cm Panjang dari bodi bus UHD ini yaitu 13,5 meter dan lebar 2,5 meter.

PO STJ juga sebenarnya sudah pernah memiliki Jetbus 3+ UHD dengan julukan Anno. Bedanya, yang sekarang sudah memakai selendang model baru atau biasa disebut Voyager dan dari kelirnya yang berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.