Rumor Energica Kembangkan Motor Listrik Kapasitas Kecil di Indonesia

Kompas.com - 31/10/2020, 14:01 WIB
Motor listrik Energica Motosaigon.vnMotor listrik Energica

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia sudah cukup banyak motor listrik dari berbagai merek yang dipasarkan. Salah satunya Energica yang direncanakan dijual juga di Tanah Air.

Energica merupakan produsen motor listrik yang juga memasok motor balap listrik yang digunakan di ajang MotoE. Motor ini memiliki tenaga yang luar biasa.

Baca juga: Gesits Optimistis Tren Motor Listrik Akan Meningkat pada 2021

Melalui Utomo Corp, Energica direncanakan hadir tahun ini di Indonesia. Namun, masih tertunda karena terdampak pandemi.

Motor listrik EnergicaMotosaigon.vn Motor listrik Energica

Denny Utomo, CEO Utomo Corp, mengatakan belum bisa memastikan kapan unit Energica masuk ke Indonesia. Melihat situasi pandemi seperti sekarang ini, Denny mengatakan kemungkinan pada semester dua.

"Rencana datang semester dua. Setelah Juni, itu pun masih dalam tanda tanya, lihat situasi pabriknya bagaimana di Italia, jadi tergantung situasi mereka bagaimana. Ekspektasi kita itu Juni atau Juli, tapi masih wait and see," kata Denny kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Meski terkenal dengan motor listrik jenis sport yang bertenaga besar, Energica dikabarkan juga akan mengembangkan motor listrik berkapasitas kecil di Indonesia.

Motor listrik EnergicaMotosaigon.vn Motor listrik Energica

Dikutip dari Motosaigon.vn, rencana tersebut adalah bagian dari kampanye untuk memperluas pasar ke Indonesia. Energica Motor juga sudah mengumumkan pada awal tahun ini bahwa pihaknya sudah menandatangani kontrak distribusi besar-besaran di pasar Indonesia.

Maka dari itu, kemitraan antara Energica dan Utomo Corp sangat mungkin terjalin untuk segera mencapai tujuan dengan sukses mendistribusikan lebih dari 2 juta motor listrik di pasar Indonesia pada tahun 2025.

Sayangnya, harga satu unit Energica cukup mahal. Energica Ego dan Energica Eva Ribelle, harganya bisa lebih dari 20.000 dollar Amerika atau sekitar Rp 290 jutaan. Banderol tersebut tentu sangat sulit menjangkau banyak konsumen di Indonesia.

Baca juga: Motor Listrik Gesits Buka Flagship Store Baru di Jakarta

Maka dari itu, baru-baru ini dikabarkan bahwa ada kemungkinan merek motor listrik asal Italia tersebut tengah mengincar rencana pengembangan motor listrik berkapasitas kecil, dengan harga yang terjangkau untuk pasar Indonesia.

Kemitraan terbaru Energica dengan Dell'Orto diharapkan dapat membantu merek tersebut dalam membuat model motor listrik berkapasitas kecil yang paling sesuai. Dell'Orto bisa membantu Energica dalam membangun motor listrik baru dengan kapasitas mulai dari 2.5 kW - 15 kW (3.3 - 20 tk), cocok untuk digunakan pada model skuter listrik.

Motor listrik EnergicaMotosaigon.vn Motor listrik Energica

Dengan potensi rencana ini, Energica Motor kemungkinan akan segera memperluas pengaruhnya di pasar global berkat kendaraan listrik berkapasitas kecil dengan harga terjangkau.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X