Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Energica Kembangkan Motor Listrik Kapasitas Kecil di Indonesia

Kompas.com - 31/10/2020, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia sudah cukup banyak motor listrik dari berbagai merek yang dipasarkan. Salah satunya Energica yang direncanakan dijual juga di Tanah Air.

Energica merupakan produsen motor listrik yang juga memasok motor balap listrik yang digunakan di ajang MotoE. Motor ini memiliki tenaga yang luar biasa.

Baca juga: Gesits Optimistis Tren Motor Listrik Akan Meningkat pada 2021

Melalui Utomo Corp, Energica direncanakan hadir tahun ini di Indonesia. Namun, masih tertunda karena terdampak pandemi.

Motor listrik EnergicaMotosaigon.vn Motor listrik Energica

Denny Utomo, CEO Utomo Corp, mengatakan belum bisa memastikan kapan unit Energica masuk ke Indonesia. Melihat situasi pandemi seperti sekarang ini, Denny mengatakan kemungkinan pada semester dua.

"Rencana datang semester dua. Setelah Juni, itu pun masih dalam tanda tanya, lihat situasi pabriknya bagaimana di Italia, jadi tergantung situasi mereka bagaimana. Ekspektasi kita itu Juni atau Juli, tapi masih wait and see," kata Denny kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Meski terkenal dengan motor listrik jenis sport yang bertenaga besar, Energica dikabarkan juga akan mengembangkan motor listrik berkapasitas kecil di Indonesia.

Motor listrik EnergicaMotosaigon.vn Motor listrik Energica

Dikutip dari Motosaigon.vn, rencana tersebut adalah bagian dari kampanye untuk memperluas pasar ke Indonesia. Energica Motor juga sudah mengumumkan pada awal tahun ini bahwa pihaknya sudah menandatangani kontrak distribusi besar-besaran di pasar Indonesia.

Maka dari itu, kemitraan antara Energica dan Utomo Corp sangat mungkin terjalin untuk segera mencapai tujuan dengan sukses mendistribusikan lebih dari 2 juta motor listrik di pasar Indonesia pada tahun 2025.

Sayangnya, harga satu unit Energica cukup mahal. Energica Ego dan Energica Eva Ribelle, harganya bisa lebih dari 20.000 dollar Amerika atau sekitar Rp 290 jutaan. Banderol tersebut tentu sangat sulit menjangkau banyak konsumen di Indonesia.

Baca juga: Motor Listrik Gesits Buka Flagship Store Baru di Jakarta

Maka dari itu, baru-baru ini dikabarkan bahwa ada kemungkinan merek motor listrik asal Italia tersebut tengah mengincar rencana pengembangan motor listrik berkapasitas kecil, dengan harga yang terjangkau untuk pasar Indonesia.

Kemitraan terbaru Energica dengan Dell'Orto diharapkan dapat membantu merek tersebut dalam membuat model motor listrik berkapasitas kecil yang paling sesuai. Dell'Orto bisa membantu Energica dalam membangun motor listrik baru dengan kapasitas mulai dari 2.5 kW - 15 kW (3.3 - 20 tk), cocok untuk digunakan pada model skuter listrik.

Motor listrik EnergicaMotosaigon.vn Motor listrik Energica

Dengan potensi rencana ini, Energica Motor kemungkinan akan segera memperluas pengaruhnya di pasar global berkat kendaraan listrik berkapasitas kecil dengan harga terjangkau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com