Usai Liburan, Begini Cara Kembalikan Kondisi Tubuh Setelah Lama Mengemudi

Kompas.com - 31/10/2020, 12:21 WIB
Ilustrasi mengemudikan mobil di Jepang/ www.huffingtonpost.comIlustrasi mengemudikan mobil di Jepang/

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur panjang seperti saat ini, kerap dimanfaatkan banyak masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman bepergian ke luar kota.

Namun pergi ke suatu tempat juga butuh fisik yang prima, karena segala kemungkinan bisa saja terjadi selama di jalan raya.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, ada baiknya saat mau bepergian jauh maka pengemudi dalam kondisi sehat baik secara fisik maupun mental.

Baca juga: Cegah Vapor Lock, Begini Cara Gunakan Engine Brake pada Mobil Matik

“Ketika dalam perjalanan, pengemudi harus membuat satu pola istirahat untuk mensuplai kebutuhan tubuhnya, yaitu maksimal setiap dua-tiga jam berhenti untuk mengembalikan tenaga,” ucap Jusri kepada Kompas.com.

Honda BR-V saat menelusuri sejumlah sentra batik dalam acara Merapah 5 Warisan Budaya Batik.kompas.com Honda BR-V saat menelusuri sejumlah sentra batik dalam acara Merapah 5 Warisan Budaya Batik.

Jusri melanjutkan, kalau sudah letih jangan segan-segan untuk segera cari tempat aman dan berhenti guna berisitirahat. Kemudian usahakan tidak mengemudi lebih dari 10 jam perjalanan dalam satu hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kapan Sebaiknya Melakukan Rotasi Ban Mobil?

Lebih lanjut, Jusri menjelaskan khusus untuk mobil memang diperbolehkan mengemudi sampai empat jam. Namun hal tersebut tidak berlaku jika kondisi badan letih. Maksimal mengemudi 90 sampai 120 menit kemudian istirahat.

“Kita ambil tindakan prefentif yang lebih proaktif. Berdasarkan kemampuan tubuh, kita harus istirahat kalau sudah dua jam. Tidak perlu lama-lama, istirahat pertama cukup 15 menit. Kemudian tiap dua jam berikutnya cukup setengah jam,” kata Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.