Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Memasang Baby Car Seat

Kompas.com - 31/10/2020, 13:01 WIB
Car Seat reviewsletter.comCar Seat

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu faktor keselamatan cukup krusial bagi keluarga, ialah pemakaian kursi bayi (baby car seat). Sayangnya, tidak sedikit yang masih salah dalam aplikasi pemakaian kursi bayi yang baik dan benar.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, kursi untuk bayi memiliki beberapa jenis yang biasanya ditentukan dari usia bayi, sehingga cara pemakaiannya juga berbeda.

“Sangat penting bagi bayi atau anak kecil untuk memakai baby car seat atau booster. Sebab, anak kecil paling rentan cedera jika terjadi kecelakaan, karena itu orang tua harus mengerti caranya,” kata Jusri kepada Kompas.com.

Baca juga: Cegah Vapor Lock, Begini Cara Gunakan Engine Brake pada Mobil Matik

Setidaknya ada tiga kesalahan yang kerap dilakukan dalam memasang car seat,

1. Kursi terlalu longgar

Kursi yang longgar tidak memberikan dampak yang seharusnya. Biasanya hal ini terjadi karena orang tua kurang mengencangkan pengikat kursi tambahan tersebut ke jok yang ada.

Jika kursi longgar, ketika terjadi tabrakan, anak yang sedang berada di kursi bisa menabrak bagian belakang kursi depan dan melukai wajah atau kepalanya dengan serius.

Cara pasang car seatyoutube.com Cara pasang car seat

2. Sabuk pengaman longgar

Prinsipnya sabuk pengamana pada kursi bayi sama seperti sabuk pengaman pada orang dewasa. Sabuk pengaman akan mengunci posisi tubuh agar tidak bergerak jika terjadi tumbukan.

Sabuk yang longgar membuat anak mudah keluar dari tempat duduknya dalam kecelakaan. Anak dapat terluka parah jika dia menabrak bagian interior mobil atau penumpang lain. Bahkan skenario terburuk terlempar dari dalam mobil.

Baca juga: Dalam Waktu Dekat Tol Layang Jakarta-Cikampek Segera Bertarif

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X