5 Tips Menyalip Kendaraan yang Aman

Kompas.com - 30/10/2020, 16:41 WIB
ilustrasi menyalip Kompas.com/Fathan Radityasaniilustrasi menyalip
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Mendahului kendaraan lain merupakan aktivitas yang tidak bisa dihindari ketika di jalan raya atau jalan tol. Meski demikian menyalip berisiko jika dilakukan sembrono.

Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan ( Jarak Aman), Edo Rusyanto mengatakan, menyalip merupakan salah satu tindakan yang cukup banyak menyumbang angka kecelakaan.

Baca juga: Benarkah Mobil Matik Lebih Rawan Alami Rem Blong?

"Setidaknya ada 50-an kasus kecelakaan per hari pada 2019 terkait perilaku mendahului di jalan raya,” terangnya saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Untuk itu kata Edo seseorang perlu mengerti teknik saat akan mendahului kendaraan lain. Bukan hanya keterampilan teknis tapi juga menguasai diri.

menyalip dari kiriKompas.com/Fathan Radityasani menyalip dari kiri

Berikut beberapa teknik menyalip kendaraan yang aman:

1. Pastikan ada ruang

Pastikan ada ruang di lajur kanan sebelum memutuskan untuk menyalip kendaraan yang ada di depan. Jangan menyalip dari sisi kiri jalan karena berisiko lebih tinggi.

Memastikan menyalip dari kanan membuat kendaraan lebih leluasa dan tidak berisiko terjadi senggolan yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Jika dirasa tidak ada ruang di lajur kanan, sebaiknya tidak mencoba atau nekat untuk mendahului. Mengingat, tindakan tersebut bisa sangat berisiko. Tidak hanya bisa membahayakan pengendara sendiri tetapi juga pengendara lainnya.

2. Lihat pergerakan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X