Libur Panjang, Jangan Abai dengan Persiapan Rute Perjalanan

Kompas.com - 29/10/2020, 11:42 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Berniat memanfaatkan momen libur panjang bersama keluarga atau teman untuk keluar kota atau sekadar tamasya ke tempat wisata?

Sebaiknya Anda tentukan tempat dan rute dahulu sebelum memulai perjalanan.         

Perencanaan perjalanan dan jalan mana yang dipilih, termasuk jarak tempuh itu penting untuk dipersiapkan. Salah satu yang musti diingat,  karena saat musim liburan seperti sekarang ini, beberapa titik menuju tempat wisata akan cenderung padat.

Baca juga: Hari Ini 2 Tabrakan Beruntun Terjadi di Tol Layang Jakarta-Cikampek             

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, sebelum memulai perjalanan ada baiknya Anda mengecek dan memilih rute. Sebab, selain musim hujan banyak jalan di beberapa daerah yang sedang diperbaiki.         

Ilustrasi musim hujan yang dipengaruhi La Nina. BMKG merilisi anomali iklim La Nina sedang berkembang di Samudera Pasifik, dampaknya pada Indonesa dapat menyebabkan curah hujan yang tinggi dan berakibat pada bencana hidro-meteorologis seperti banjir dan tanah longsor.SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYA Ilustrasi musim hujan yang dipengaruhi La Nina. BMKG merilisi anomali iklim La Nina sedang berkembang di Samudera Pasifik, dampaknya pada Indonesa dapat menyebabkan curah hujan yang tinggi dan berakibat pada bencana hidro-meteorologis seperti banjir dan tanah longsor.

“Jadi sebelum memulai perjalanan, tentukan dulu mau lewat mana. Bisa mencari info dari berbagai sumber atau menggunakan GPS, Google Maps dan lain sebagainya,” ujar Jusri belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Nyalakan Mesin Mobil dengan Cara Didorong Bikin Transmisi Rusak?          

Terlebih lagi di saat musim hujan seperti ini. Jusri mengingatkan, sebaiknya pengendara kendaraan menghindari tempat wisata atau jalan yang rawan banjir atau longsor.

“Jika terjadi longsor atau banjir akan sangat mengganggu perjalanan berlibur Anda. Tentu hal itu juga akan menimbulkan potensi bahaya. Jadi disarankan tentukan rute dulu sebelum memulai perjalanan,” kata Jusri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X