Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini 2 Tabrakan Beruntun Terjadi di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 28/10/2020, 19:01 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, menyampaikan bila terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek. Kejadian tersebut berlangsung di Km 35 arah Cikampek pada pukul 13.05 WIB, Rabu (28/10/2020).

General Manager Traffic PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Chandra Hutabarat mengatakan, berdasarkan observasi petugas Mobile Customer Service (MCS) di lokasi kejadian, kecelakaan diduga terjadi akibat kurangnya antisipasi pengendara.

"Ditengarai pengendara kendaraan pertama melakukan pengereman mendadak yang mengakibatkan kendaraan belakang kurang antisipasi dan tidak sempat menghindar sehingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan yang melibatkan lima kendaraan," kata Chandra, dalam keterangan resminya.

Baca juga: 147.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta, Arah Tol Trans Jawa Mendominasi

Menurut Chandra, petugas MCS dan Derek Jasa Marga segera melakukan evakuasi kendaraan dan mengatur lalu lintas. Langkah tersebut dilakukan untuk mengurai kepadatan yang terjadi.

Pelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-CikampekStanly-Kompas.com Pelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Insiden tersebut juga tak memakan kobran jiwa, hanya kerugian material saja. Saat ini semua lajur sudah dapat kembali dilalui dan kondisi lalu lintas masih terpantau ramai lancar.

"Pukul 14.50 WIB kendaraan terlibat sudah berhasil dievakuasi dan diamankan dari lokasi kejadian serta dilakukan pembersihan lajur untuk memastikan jalan tol aman untuk dilintasi," kata Chandra.

Tak hanya satu, pada pagi harinya juga terjadi kejidian serupa di ruas tol yang sama. Kecelakaan terjadi kecelakaan akibat faktor kurangnya antisipasi dalam berkendara.

"Tepat pukul 07.45 WIB pagi tadi, terjadi kecelakaan serupa yang juga melibatkan enam kendaraan, tepatnya di Km 14 Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated arah Cikampek. Sama dengan yang siang ini, tidak terdapat korban jiwa akibat kecelakaan tersebut. Dalam waktu kurang lebih satu jam, lalu lintas kembali lancar," katanya.

Chandra mengimbau pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas. Pengendara juga dalam kondisi prima, tidak lelah dan mengantuk.

Baca juga: Contraflow dan Buka Tutup Diterapkan di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Tol Layang Jakarta-Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek

Selain itu, tak kalah penting untuk diperhatikan adalah masalah kecepatan maksimal dan minimal yang harus diperhatikan oleh setiap penggendara yang melintasi Tol Layang Jakarta-Cikamepk.

"Patuhi kecepatan maksimal dan minimal di jalan tol ini, 60 kpj dan 80 kpj," kata Chandra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com