Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2020, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu penunjang kenyamanan di dalam bus yaitu kursinya yang empuk. Kursi yang ada di bus saat ini juga sudah semakin canggih, disertai fitur colokan USB, armrest, legrest, bahkan meja lipat.

Selama masa pandemi, tidak memberhentikan perusahaan pembuat kursi bus untuk berinovasi. Misalnya PT Rimba Kencana dengan merek Hai asal Malang yang membuat kursi eksekutif yang bisa diputar 180 derajat.

Jika biasanya kursi bus hanya bisa menghadap ke satu arah, kursi buatan Hai Rimba Kencana ini bisa diputar tanpa harus melepas kakinya yang ditempel ke lantai bus. Kursi bus memang bisa diputar-putar, namun harus, dilepas-pasang.

Baca juga: Ketahui Per Penyeberangan di Bagian Bawah Belakang Bus AKAP

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Biar ngliat pemandangannya puas, yuk cobain bangku putar kami

A post shared by PT Rimba Kencana (@hai.rimbakencana) on Oct 26, 2020 at 8:47pm PDT

 

Untuk model pertama yang dipamerkan, masih berupa single seat atau kursi satuan. Fitur yang diberikan seperti armrest, meja lipat, dan colokan USB serta kursi yang bisa direbahkan.

Marketing PT Rimba Kencana, Yohan Wahyudi mengatakan, untuk konsep ini bisa diterapkan ke kursi ganda, namun ada sedikit perbedaan di mekanismenya. Saat ingin memutar kursinya, ada tuas di bawah sandaran tangan kiri yang bisa ditarik.

“Ada penguncinya setiap 90 derajat, tapi bisa juga dibuat setiap 45 derajat,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Baca juga: STNK Mati 2 Tahun Diblokir, Kendaraan Jadi Barang Rongsokan

kabin bus akaphaltebus.com kabin bus akap

Yohan mengatakan kalau sudah ada yang berminat memakai kursi putar ini. Kebanyakan yang memesan dipasang untuk di kabin kapal. Sedangkan kalau untuk bus, biasanya yang single kiri dan kanan atau 1-1.

“Kursi putar ini memang buat yang single seat, tapi harus menyiapkan ruang lebih besar untuk radius putarnya,” kata Yohan.

Yohan menambahkan, spesifikasi dari kursinya sendiri bisa disesuaikan. Standarnya, sudah ada colokan USB dan listrik, sedangkan meja lipat, sandaran kaki termasuk dalam opsional. Kadang juga ada yang meminta tanpa ada elektrik di dalam kursinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com