Honda Grom Versi Balap ala HRC

Kompas.com - 23/10/2020, 07:22 WIB
Honda Grom versi balap ala HRC Young MachineHonda Grom versi balap ala HRC

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, AP Honda resmi meluncurkan Grom alias MSX 125 generasi terbaru di Thailand. Motor mungil ini ternyata tak hanya banyak dijadikan bahan motor custom, tapi juga untuk balap.

Di Jepang, balapan dengan motor mini sangat populer. Salah satunya adalah One-Make Race (OMR) Honda Grom yang bertajuk HRC Grom Cup.

Baca juga: Alex Marquez Mulai Bagus, Honda Menyesal Kirim ke Tim Satelit?

HRC sudah menyiapkan beberapa perangkat balap HRC Kit, seperti ECU, kelistrikan, dan perangkat pendongkrak performa lainnya. Dikutip dari Youngmachine.com, beberapa toko di Jepang juga akan menjual satu unit utuh yang siap balap.

Honda Grom versi balap ala HRCYoung Machine Honda Grom versi balap ala HRC

Grom generasi terbaru ini mendapat peningkatan di bagian mesin. Meski masih 125 cc, tapi mesin dengan stroke panjang ini diyakini memberikan tenaga yang besar dibanding versi sebelumnya. Kali ini, transmisinya juga menjadi 5-percepatan.

Honda Grom versi balap ala HRCYoung Machine Honda Grom versi balap ala HRC

Jika dilihat, ubahannya cukup banyak. Tentunya semua perangkat keselamatan ditanggalkan semua, seperti sistem pencahayaan, spion, dan dudukan pelat nomor.

Honda Grom versi balap ala HRCYoung Machine Honda Grom versi balap ala HRC

Baca juga: Honda Bantah Kabar Marc Marquez Jalani Operasi Ketiga

Selain itu, bagian setang juga diganti menjadi lebih pendek. Footstep pun diganti dengan model underbone. Cover bodi belakang juga ditambahkan, berguna untuk menempatkan nomor start. Ubahan terakhir tentunya adalah knalpot dan ban khusus balap.

Honda Grom versi balap ala HRCYoung Machine Honda Grom versi balap ala HRC

Di Thailand, Grom keluar dengan dua tipe, yakni Standard dan ABS. Tipe Standard dibanderol 69.900 baht atau sekitar Rp 32 jutaan. Sedangkan tipe ABS, harganya 77.400 baht atau sekitar Rp 36 jutaan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X