Ini Lokasi dan Jam Pelayanan di Samsat Drive Thru

Kompas.com - 23/10/2020, 07:12 WIB
Bayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019 KOMPAS.com / Aditya MaulanaBayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 masyarakat dapat memanfaatkan berbagai kemudahan yang diberikan oleh pemerintah, termasuk dalam hal pembayaran pajak kendaraan bermotor ( PKB).

Seperti halnya di wilayah administrasi DKI Jakarta yang menawarkan layanan pajak kendaraan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat) drive thru.

Dengan adanya layanan ini, wajib pajak yang ingin membayar pajak kendaraan satu tahunan tidak perlu datang ke kantor Samsat induk.

Tetapi, bisa memanfaatkan layanan Samsat drive thru yang tentunya semakin memudahkan karena wajib pajak tidak perlu turun dari kendaraannya.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di 7 Provinsi

Herlina Ayu, Humas Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda) DKI Jakarta, mengatakan, layanan Samsat drive thru ini sebenarnya sudah lama ada.

Hanya saja di tengah pandemi Covid-19 ini pihaknya kembali mengingatkan masyarakat agar memanfaatkan layanan ini untuk mencegah adanya kerumunan.

“Sebenarnya ini layanan sudah lama, tetapi kami ingatkan kembali agar antrean wajib pajak di kantor Samsat berkurang,” kata Herlina kepada Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

Herlina juga mengatakan, pajak di Samsat drive thru ini bisa menjadi alternatif bagi wajib pajak yang akan melunasi pajak tahunannya.

Baca juga: 1,6 Juta Kendaraan Bermotor di Jateng Belum Bayar Pajak

“Kemudahan dalam pembayaran serta praktis dalam prosesnya, tanpa harus turun dari kendaraan, dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam transaksinya. Ini menjadi alternatif bagi wajib pajak di tengah pandemi seperti ini,” tuturnya.

sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotorditlantas polda jatim sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotor

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan ini harus melengkapi dokumen yang diperlukan seperti Kartu Tanda Penduduk ( KTP) asli dan fotokopi, Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK) asli dan fotokopi, serta membawa Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor ( BPKB) asli dan fotokopi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X