Wajib Bersihkan Sisa Makanan di Kabin Mobil, Ini Alasannya

Kompas.com - 10/10/2020, 15:01 WIB
Ilustrasi mudik thinkstock/JupiterimagesIlustrasi mudik
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sisa makanan atau camilan yang tercecer di dalam kabin mobil sepertinya sudah menjadi hal wajar terjadi.

Apalagi jika kendaraan tersebut baru saja digunakan untuk melakukan perjalan wisata atau ke tempat tujuan lain bersama anggota keluarga.

Tentunya, sebagai bekal selama di perjalanan ada sejumlah makanan yang dipersiapkan untuk mengisi perut.

Tetapi, tanpa disadari ada ceceran makanan yang tertinggal di dalam kabin yang luput dibersihkan setelah mobil selesai digunakan.

Baca juga: Blokir STNK Tak Perlu ke Samsat, Begini Caranya

Ceceran makanan ini ternyata bisa memberikan efek yang kurang baik terhadap kondisi mobil, terutama adanya hewan lain yang bisa saja masuk ke dalam kabin.

Division Head After Sales & Biz Solution CARfix Indonesia Sigit Wahyu Anggoro mengatakan, adanya sisa makanan yang tertinggal di dalam mobil bisa memancing datangnya hewan pengerat seperti tikus.

Untuk itu, Sigit pun menyarankan, agar pemilik mobil segera membersihkan kabin setelah kendaraan selesai digunakan dan ada bekas makanan yang tertinggal.

Ilustrasi tikus mutan. Ilmuwan melakukan rekayasa genetika pada tikus yang kemudian dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk mempelajari massa otot dan tulang.SHUTTERSHOCK/Carlos Aranguiz Ilustrasi tikus mutan. Ilmuwan melakukan rekayasa genetika pada tikus yang kemudian dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk mempelajari massa otot dan tulang.

“Pembersihan bekas makanan penting dilakukan, karena itu bisa membuat tikus bisa datang. Jadi setelah digunakan sebaiknya mobil dibersihkan dari sisa makanan,” kata Sigit kepada Kompas.com, Sabtu (10/10/2020).

Sigit menambahkan, selain adanya sisa makanan, mobil yang jarang dipakai atau dipanaskan juga bisa menjadi sarang hewan pengerat tersebut.

Untuk itu, selama Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) sebaiknya mobil juga tidak hanya didiamkan begitu saja.

Baca juga: Kendaraan yang Sudah Dijual Sebaiknya Langsung Blokir STNK, Ini Alasannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X