Catat, Ini Kebiasaan yang Bikin Motor Terbakar

Kompas.com - 07/10/2020, 11:12 WIB
Aparat Polres Pulau Ambon menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) terhadap insiden kebakaran sepeda motor di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Galala, Kecamatan Sirimau Ambon, Senin (15/1/2018). Kompas.com/Rahmat Rahman PattyAparat Polres Pulau Ambon menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) terhadap insiden kebakaran sepeda motor di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Galala, Kecamatan Sirimau Ambon, Senin (15/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus sepeda motor terbakar saat mengisi bensin beberapa kali terjadi di berbagai daerah. Tak jarang penyebabnya adalah kebiasaan mengisi bensin sampai luber.

Bensin yang luber akan menetes atau mengalir mengenai busi. Kondisi tersebut yang dapat memicu terjadinya kebakaran pada motor.

Baca juga: Berisiko, Bawa Bensin dalam Jeriken Bisa Bikin Motor Terbakar

Wahyudi, Kepala Mekanik AHASS PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku main dealer sepeda motor Honda Jawa Barat, mengatakan, kemungkinan besar yang pertama tutup busi mengalami kebocoran.

Jalan Raya DI Panjaitan Jakarta Timur mengalami kemacetan akibat sejumlah pengendara memperlambat laju kendaraan untuk menyaksikan sepeda motor yang terbakar akibat korsleting listrik, Jumat (28/8/2020). ANTARA/HO-Damkar Jaktim Jalan Raya DI Panjaitan Jakarta Timur mengalami kemacetan akibat sejumlah pengendara memperlambat laju kendaraan untuk menyaksikan sepeda motor yang terbakar akibat korsleting listrik, Jumat (28/8/2020).

"Sehingga percikan bunga api tidak lompat dari koil ke tutup busi, tapi ke luar (ground) ke mesin. Karena bensin yang bahaya bukan cuma cairan tapi uapnya," kata Wahyu, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wahyu menambahkan, pada dasarnya mengisi bensin sampai luber juga bukan suatu masalah. Sebab, oleh pabrikan jika bensin luber maka ada 'jalur jatuhnya bensin tidak mendekati area busi.

Baca juga: Motor Terbakar di JLNT, Ingat Lagi Dasar Hukum Larangannya

"Mengisi bensin sampai luber, kalau pun luber tidak apa-apa karena sudah ada karet pelindung di sekitar tutup tangki dan dilengkapi selang yang standarnya mengarah langsung ke tanah. Jadi, bensin jatuh ke tanah," ujar Wahyu.

Namun, hal tersebut biasanya hanya ada pada motor bebek atau skuter matik (skutik). Sedangkan pada motor sport, bisa saja bensin tetap luber dan mengalir ke area mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.