Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpan Gawai atau Powerbank di Bagasi Motor Bisa Sebabkan Kebakaran?

Kompas.com - 30/07/2020, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor matik atau skuter matik (skutik) pada umumnya dilengkapi dengan ruang bagasi di bawah jok. Pada beberapa skutik bongsor, kapasitasnya bahkan cukup besar.

Ruang tersebut bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang, seperti helm, jaket, jas hujan, sarung tangan, toolkit, dan benda-benda lainnya.

Baca juga: Honda BeAT Street Tidak Punya Soket Charger

Tak sedikit orang yang menyimpan barang elektronik, seperti gawai atau powerbank di bagasi jok. Dengan anggapan, barang elektronik tersebut akan lebih aman.

Pengendara ojek online mengambil video peristiwa motor terbakar di Terowongan Pasar Gembrong, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (9/3/2020). ANTARA/HO-Damkar Jaktim Pengendara ojek online mengambil video peristiwa motor terbakar di Terowongan Pasar Gembrong, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (9/3/2020).

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, bagasi motor saat ini aman untuk meletakkan benda-benda seperti smartphone atau powerbank.

"Potensi terjadi kebakaran di dalam bagasi terbilang kecil. Terutama, jika kondisi baterai tersebut masih dalam kondisi baik," ujar Endro, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Merawat Bagasi Jok Motor yang Ada Soket Charger

Endro menambahkan, hal yang dikhawatirkan saat menyimpan benda elektronik di bagasi jok adalah ketika benda tersebut terlempar-lempar saat berada di dalam bagasi.

"Hal tersebut bisa saja terjadi saat motor melaju di jalan yang tidak rata atau saat melewati polisi tidur. Oleh sebab itu, menyimpan benda elektronik sebaiknya dilapisi kain ataupun jas hujan agar lebih terlindungi," kata Endro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com