Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Innova Facelift Segera Meluncur, Apa Bedanya dengan Model Lama?

Kompas.com - 06/10/2020, 12:11 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota tampaknya akan segera menyegarkan tampilan Kijang Innova yang belum pernah mendapat pembaruan sejak meluncur pada 2016.

Dari bocoran-bocoran yang beredar terlihat tampilan depan, samping, dan belakang Kijang Innova facelift yang tidak mengalami ubahan begitu banyak.

Dari depan, perbedaan paling kentara ada pada bumper dan gril, berikut juga headlamp. Lampu sein kini terpisah dari lampu utama dan ditempatkan di bumper.

Baca juga: Triber Dongkrak Penjualan Renault Indonesia Selama Pandemi

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Nah sekarang sudah semakin jelas kan tampilan dari Kijang Innova facelift, baik depan, samping, dan belakangnya, tanpa ada buram-buramnya sama sekali. Yang ada di foto-foto ini adalah tipe 2.4 V, berarti pakai mesin diesel 2.400 cc. Selain eksteriornya, disini juga bisa kelihatan detail-detail interior Kijang Innova facelift, yang jelas warna jok dan door trimnya berubah jadi coklat gelap, sebelumnya merah bata, dan khusus door trimnya itu sudah soft pad nampaknya. Ini bikin aura interiornya jadi lebih mewah dan nyatu ornamen kayu di dasbornya. Sayang tipe ini masih colok kunci untuk menyalakan mobilnya. Bicara soal detail detail tentang mobil ini, ada info dari Kumparan.com, kabarnya bakal begini: 1. Variannya terdiri dari standar (less seat), G, V, dan Venturer dengan total 16 pilihan model termasuk sistem transmisinya. 2. Tidak ada ubahan mesin 3. Kenaikan harga varian tertentu tidak sampai Rp 10 juta 4. Terdiri atas 6 pilihan warna 5. Tipe G dan V mesin bensin ada pilihan dengan captain seat Intinya, pada Kijang Innova facelift ini bakal ada 16 tipe (belum termasuk tipe standar untuk pasar fleet), paling nggak seperti ini: 2.0 G MT 2.0 G AT 2.0 G Luxury MT (captain seat) 2.0 G Luxury AT (captain seat) 2.4 G MT 2.4 G AT 2.0 V MT 2.0 V AT 2.0 V Luxury MT (captain seat) 2.0 V Luxury AT (captain seat) 2.4 V MT 2.4 V AT 2.0 Venturer MT 2.0 Venturer AT 2.4 Venturer MT 2.4 Venturer AT Loh kok ada tipe G Luxury dan V Luxury? Sebenarnya tipe ber-captain seat ini sempat ada di Kijang Innova facelift 2010, lalu versi 2013 (slide 9-10), dan hanya bermesin bensin 2.000 cc, jadi kemungkinan besar tipe ini bakal balik lagi di versi 2020 ini. Selain itu tipe V jadi tipe tertinggi Innova (menggantikan tipe Q) minus Venturer yang kabarnya punya bumper beda dengan versi standar. Jumlah pilihan warnanya masih sama tapi yang beda ada di detailnya: Super White, Silver Metallic, Dark Gray Mica Metallic, Attitude Black, Phantom Brown Metallic (NEW), dan Red Mica Metallic (NEW) Warna yang discontinued: Avant Garde Bronze dan Alumina Jade Foto 1-8: Donny Trias Ardianto via Innova Community (Facebook) dan @vincentfw #kijanginnova #toyotainnova #toyotakijanginnova

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indra Radian Fathan (@indra_fathan) pada 4 Okt 2020 jam 5:41 PDT

Foglamp yang sebelumya berada di sisi lampu sein, kini ditempatkan di bawah bumper, seperti halnya desain Mitsubishi Xpander.

Sementara gril masih berbentuk trapesium, namun dengan desain yang mirip dengan kepunyaan Hilux terbaru.

Dari samping perbedaan terletak pada desain pelek, sedangkan di belakang terlihat pada garnish di bagian tengah, tempat pelat nomor berada.

Baca juga: Ramai Truk Overload Ditilang Lewat Setruk Tol, Begini Penjelasannya

Hasil olah digital Toyota Kijang Innova facelifthttps://hum3d.com/ Hasil olah digital Toyota Kijang Innova facelift

Beranjak ke bagian interior, Kijang Innova mengalami ubahan pada beberapa detail. Seperti jok dan warna door trim yang berubah menjadi coklat gelap, dari sebelumnya merah bata.

Kemudian di beberapa bagian door trim sepertinya sudah menggunakan material empuk, membuat ruang kabin jadi terasa lebih mewah.

Kabarnya Kijang Innova facelift akan memiliki total 16 varian dengan tipe G, V, dan Venturer. Tipe Q sepertinya telah dihapus dari daftar.

Baca juga: Pertamina Segera Turunkan Harga Pertalite di Pulau Jawa, Dengan Syarat

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Tebak ini tipe apa hayo? Foto: @j.rvalent #kijanginnova #toyotainnova

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indra Radian Fathan (@indra_fathan) pada 2 Okt 2020 jam 8:15 PDT

Sementara urusan mesin, Kijang Innova masih mengusung mesin bensin 2.000 cc bertenaga 139 ps atau setara 137 tk dan torsi 18,7 kgm atau setara 183 Nm.

Tak ketinggalan mesin diesel 2.400 cc VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga 149 ps atau setara 147 tk dan torsi 36,7 kgm atau setara 359 Nm.

Kedua mesin juga masih mengusung pilihan transmisi yang sama dengan sebelumnya, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut Xpander Vs Mobilio, Ini Sanksi Pengemudi Mabuk

Toyota Kijang Innovahttps://hum3d.com/ Toyota Kijang Innova

Urusan harga, kabarnya tiap varian akan mengalami peningkatan yang berbeda-beda. Namun diprediksi kenaikan harga tidak akan melebihi Rp 10 juta.

Seperti diketahui, saat ini Kijang Innova dibanderol dari Rp 326,050 juta (tipe 2.0 G M/T) sampai Rp 428,750 juta (tipe 2.4 V A/T Diesel).

Sedangkan untuk New Innova TRD Sportivo dihargai dari Rp 359,150 juta (tipe G M/T) hingga Rp 431,950 juta (tipe V A/T), dan untuk New Venturer mulai Rp 423,3 juta (tipe 2.0 Q M/T Basic) sampai Rp 482,6 juta (tipe 2.4 Q A/T Diesel Basic).

Baca juga: Deretan Motor Sport Fairing Primadona 90-an

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Tebak ini tipe apa hayo? Foto: @j.rvalent #kijanginnova #toyotainnova

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indra Radian Fathan (@indra_fathan) pada 2 Okt 2020 jam 8:15 PDT

Sebelumnya, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, saat dikonfirmasi belum mau mengungkap lebih detail terkait Kijang Innova facelift.

Anton berujar, meski gambar-gambar Kijang Innova facelift sudah banyak beredar di internet, Toyota kabarnya tengah mempersiapkan peluncuran model lainnya.

“Sekarang lagi fokus persiapan peluncuran Fortuner,” ujar Anton, kepada Kompas.com belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com