Tren Wiper Bus Modern Mengikuti Desain Terkini

Kompas.com - 06/10/2020, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tampilan bus terus berevolusi mengikuti desain terkini. Jika biasanya pada bagian depan hanya terdiri dari satu kaca besar, sekarang menjadi dua kaca yang menumpuk, atau biasa disebut double glass.

Pada bus model dulu, jumlah wiper hanya sepasang. Sedangkan dengan adanya model double glass, membuat karoseri menambah wiper untuk kaca bagian atas, bahkan kalau di total, bisa ada empat wiper atau dua pasang, masing-masing untuk kaca bawah dan atas.

Biasanya yang memiliki sepasang wiper untuk kaca atas menggunakan bodi super tinggi seperti Jetbus SHD dan UHD milik karoseri Adiputro dan Double Decker. Sedangkan karoseri lain hanya memasang satu wiper untuk kaca atasnya.

Baca juga: Menu Sedan Bekas Rp 50 Jutaan, Bisa Dapat Almera, Mercy, sampai BMW

Bus AKAP Hino RM 380DeviantArt Bus AKAP Hino RM 380

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, kaca atas perlu dipasangi wiper agar penumpang bisa melihat lebih jelas ke arah depan saat hujan.

“Kita dari karoseri pasti memasang wiper pada kaca atas, fungsinya juga kan buat pemandangan penumpang. Kecuali memang dari pemesan bodi minta untuk tidak dipasang,” kata Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jadi bisa dikatakan untuk beberapa karoseri, wiper di kaca atas merupakan standar dan bisa meminta untuk tidak dipasang. Sedangkan karoseri Laksana memilih untuk tidak lagi memasang wiper untuk kaca bagian atas, kecuali untuk varian double decker.

Baca juga: 5 Pilihan Mobil Bekas Rp 90 Jutaan, Dapat Tahun Muda

“Kacanya kan kecil dan pemasangan wipernya di atas kaca. Jadi tidak bisa pakai wiper dengan ukuran yang besar juga, sehingga sapuan kotorannya terbatas radiusnya,” ucap Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto kepada Kompas.com.

Sedangkan untuk varian double decker memang diperlukan untuk pandangan penumpang di dek atas. Selain itu ada ruang diantara dek atas dan bawah yang bisa menjadi tempat menaruh mesin penggerak wiper.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.