Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Toyota, Daihatsu Indonesia Juga Produksi dan Ekspor Mazda ke Jepang

Kompas.com - 03/10/2020, 17:46 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Indonesia telah memiliki kepercayaan untuk bisa memproduksi, mengembangkan, dan mengekspor kendaraan bermotor secara utuh ke berbagai negara, termasuk Jepang.

Menariknya, selain Toyota ternyata Daihatsu juga turut melahirkan kendaraan komersial merek Mazda dan mengapalkannya ke negeri matahari terbit tersebut sejak September 2020.

"Proyek ekspor Mazda Bongo dimulai pada Juli lalu, kemudian baru bulan kemarin kita lakukan ekspor 430 unit ke Jepang. Pada Agustus 2020 kita masih mengumpulkan data-datanya," kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra belum lama ini.

Baca juga: Kapasitas Produksi Tahunan Daihatsu Diperkirakan Anjlok 46 Persen

Mazda Bongo varian pikaphttps://car.watch.impress.co.jp/ Mazda Bongo varian pikap

Bongo sendiri merupakan mobil yang sudah diproduksi Mazda sejak 1966. Sejak memasuki generasi kelima, kendaraan ini menggunakan basis Daihatsu Gran Max. Ekspornya ke Jepang mengikuti model Toyota Town Ace dan Lite Ace yang juga punya basis sama.

Adapun kegiatan ekspor mobil buatan Indonesia ke Jepang telah dilakoni dalam beberapa belas tahun lalu oleh Daihatsu. Hal ini juga menjadi capaian tersendiri mengingat standar kualitas produk di sana sangat tinggi.

Daihatsu Gran Max MBADM Daihatsu Gran Max MB

"Semula banyak diler yang meragukan kemampuan Daihatsu Indonesia untuk memenuhi segala persyaratan ketat dari Jepang. Ternyata setelah dijalani, kami bisa," kata Amel.

Dengan kehadiran Bongo, kini setidaknya ada 14 model yang diproduksi oleh Daihatsu Indonesia yakni, Xenia, Terios, Sigra, Ayla, Gran Max, dan Luxio. Kemudian dari merek Toyota ada Avanza, Rush, Calya, Agya, Town Ace, dan Lite Ace.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com