Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Triber Dongkrak Penjualan Renault Indonesia Selama Pandemi

Kompas.com - 05/10/2020, 12:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai salah satu agen pemegang merek (APM) yang terbilang baru di Indonesia, penjualan Renault Maxindo diklaim meraih tren positif pada sepanjang Januari-Agustus 2020. Padahal kondisi industri otomotif secara umum sedang lesu terdampak pandemi.

Davy J Tuilan, Chief Operating Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), mengatakan, penjualan Renault yang meningkat tiap bulan dipicu kehadiran Triber, sebuah MPV yang dikenalkan pada 2019.

“Kalau kita bicara grafik industri otomotif Indonesia sudah pasti menurun. Tapi kalau rekan-rekan lihat grafik penjualan Renault di Indonesia itu trennya mulai dari April, Mei, Juni hingga Agustus itu naik terus,” ucap Davy, dalam konferensi virtual (1/10/2020).

Baca juga: Kasus Mobilio Lawan Xpander, Pentingnya Soft Skill Sebelum Bisa Nyetir

Ilustrasi diler Renault yang dikelola Maxindo Renault IndonesiaFacebook.com/maxindorenault.serpong Ilustrasi diler Renault yang dikelola Maxindo Renault Indonesia

“Jadi itu menggambarkan kalau kita itu agak sedikit berbeda dengan tren yang ada di pasar, dan itu tentu saja kita terima kasih sama Renault Triber. Padahal itu pada April-Mei tidak ada produksi di pabrik India, jadi pada saat itu suplai agak sedikit terhambat,” katanya.

Menurut Davy, salah satu faktor yang membuat penjualan Renault malah meningkat adalah waktu pengiriman Triber yang pertama dilakukan pada sekitar April 2020.

Sementara inden sudah dilakukan sejak 2019. Hal ini secara langsung membuat pengiriman pada bulan Juni, Julu, dan Agustus terus meningkat.

Baca juga: Beli Honda Forza Diskon Rp 11 Juta, DP Hanya Rp 4,5 Juta

Review Renault Kwid ClimberKompas.com Review Renault Kwid Climber

“Karena memang kita kan masih baru, ditunjang dengan Renault Triber. Dan juga mengejutkannya ternyata Renault Climber ini seperti sesuatu yang mengagetkan pasar, karena belum ada teaser-nya, tapi tiba-tiba datang. Jadi cukup banyak peminatnya,” ujar Davy.

Untuk diketahui, berdasarkan wholesales Gaikindo dari Januari sampai Agustus 2020, penjualan Renault mencatatkan angka 150 unit.

Triber jadi model paling banyak terjual dengan angka 67 unit, di mana khusus pada Agustus lalu menjadi bulan terlaris yang mencatatkan penjualan 24 unit.

Sementara Kwid Climber pada Januari-Agustus 2020 bisa terdistribusi sekitar 37 unit, dan Koleos pada kesempatan yang sama sebanyak 34 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com