Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Semua Mobil Lawas Bisa Dijadikan Investasi

Kompas.com - 29/09/2020, 15:48 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan mobil lawas sampai saat ini masih begitu diminati, meskipun banyak sekali produk baru yang diluncurkan oleh setiap pabrikan kendaraan roda empat.

Para pencinta mobil bergaya retro atau pun yang sudah termasuk barang langka mempunyai kepuasan tersendiri jika memiliki mobil idaman pada zamannya.

Maka tidak heran jika mobil-mobil lawas yang masih banyak diburu mempunyai harga yang kadang tidak masuk akal hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Dengan harga yang sangat fantastis tersebut, tidak sedikit yang mencoba peruntungan menjadikannya sebagai investasi.

Baca juga: Blokir STNK Tak Perlu ke Samsat, Begini Caranya

Sama halnya dengan emas, atau pun tanah, mobil-mobil tua juga bisa mendatangkan keuntungan tersendiri jika banyak peminatnya.

Ilustrasi Corolla DXGridOto.com Ilustrasi Corolla DX

Tetapi, tentunya tidak semua mobil lawas bisa dijadikan sebagai investasi. Ada kriteria tertentu yang menjadikan kendaraan roda empat tersebut mempunyai harga yang tinggi.

Pemilik showroom mobil lawas Kedai Built Up di Bekasi Helmie Sarosa mengatakan, harga mobil lawas di pasaran sangat variatif atau tidak ada patokan yang jelas.

“Saya bilang investasi tidak hanya pada emas. Simpel aja mobil built up (CBU/Completely Built Up), mobil retro tahun 70-an atau 80-an itu akan naik,” kata Helmie kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kendaraan yang Sudah Dijual Sebaiknya Langsung Blokir STNK, Ini Alasannya

Helmie menambahkan, tidak semua mobil lawas bisa dijadikan sebagai investasi. Mobil dengan kriteria tertentu saja yang harganya bisa sangat tinggi bahkan mencapai ratusan juta rupiah.

“Mobil lokal yang harganya naik terus, seperti Corolla DX atau Hardtop. Tapi kalau dibandingkan dengan yang model built up, pasti lebih tinggi lagi, misalnya DX versi kupe atau hardtop versi Australia,” ujarnya.

BMW Seri 3 E46 jadi salah satu sedan Eropa yang cukup digemari di Indonesiaautos.id BMW Seri 3 E46 jadi salah satu sedan Eropa yang cukup digemari di Indonesia

Dia mencontohkan, Corolla DX tipe sedan dengan kondisi yang sudah bagus dan rapi harganya bisa mencapai Rp 100 jutaan.

Berbeda lagi dengan model coupe atau station wagon yang harganya bisa jauh lebih tinggi yakni mencapai Rp 150 jutaan hingga Rp 170 jutaan.

Menurutnya, mobil dengan model coupe atau dua pintu, station wagon, hingga convertible atau atap terbuka mempunyai keunikan tersendiri.

Baca juga: STNK Hilang Tapi Motor Masih Kredit, Begini Cara Mengurusnya

Maka tidak heran jika harga mobil dengan model tersebut bisa tetap bertahan di kisaran harga yang cukup tinggi.

“Mereknya harus sudah ada di Indonesia, tapi modelnya jarang. Seperti model coupe atau station wagon itu harganya enggak pernah turun, karena jarang di Indonesia, makanya lebih diminati,” kata Helmie.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com