Kompas.com - 29/09/2020, 12:21 WIB
Yamaha 125ZR Go! Edition Foto: Bikesrepublic/C??ng Nguy?nYamaha 125ZR Go! Edition
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pehobi sepeda motor pasti pernah mendengar istilah new old stock (NOS), low kilometer dan restorasi. Ketiga istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi fisik motor.

Dalam koridor koleksi, kondisi fisik adalah hal yang utama. Kondisi yang baik maka harganya pasti tinggi dan sebaliknya. Meski ada juga faktor lain seperti nilai sejarah dan sentimentil suatu barang.

Baca juga: Alasan Vespa NOS Punya Harga Tinggi

Norton Commando 850 1977Foto: Visordown Norton Commando 850 1977

1. NOS

Andy Wardhana, kolektor Vespa yang pernah punya Vespa VBB 1962 kondisi NOS mengatakan, secara definisi NOS adalah barang baru stok lama, sesuai namanya new old stock.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Barang lama tapi baru. Artinya sejak baru motor memang kondisinya tidak dipakai. Benar-benar seperti keluar pabrik," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Andy mengatakan istilah NOS kini mulai bergeser. Tak jarang yang menyebut motor tersebut NOS padahal bukan. Sebab kalau motor sudah dipakai meski jaraknya pendek, sudah bukan NOS.

Andy mengatakan, dengan kondisi tersebut tidak heran jika harga motor NOS sangat tinggi karena stastusnya motor koleksi dan tidak untuk dipakai harian.

"Dipajang saja sudah," katanya.

Vespa Super tahun 1972 ditukarkan artis Doel Sumbang ke 3 sepatu Wayout produksi Gally Rangga beberapa waktu lalu.  KOMPAS.com/RENI SUSANTI Vespa Super tahun 1972 ditukarkan artis Doel Sumbang ke 3 sepatu Wayout produksi Gally Rangga beberapa waktu lalu.

2. Low Kilometer

Henry, pehondi motor 2-tak mengatakan, istilah low kilometer ialah untuk motor orisinal yang sudah dipakai tapi punya jarak tempuh yang belum banyak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X