Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Perfoma Yamaha MT-09 Vs Kawasaki Z900, Mana yang Lebih Unggul?

Kompas.com - 29/09/2020, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini PT Yamahan Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan motor gede (moge) terbarunya, yaitu MT-09, tepatnya Agustus 2020.

Sejak diluncurkan, motor ini dinilai menjadi lawan ideal Kawasaki Z900 di kelas moge naked bike 900cc. Keduanya memiliki tampilan yang gagah dan menawan. Namun, siapa yang lebih unggul dari segi perfoma?

Baca juga: Jika Relaksasi Pajak Nol Persen Terealisasi, Harga Mobil Bekas Ikut Turun

Mesin

Meski memiliki tampang anyar, Yamaha MT-09 tetap menggunakan basis mesin yang sama dengan generasi terdahulu. Dibekali mesin 847cc menggunakan konfigurasi tiga silindr segaris DOHC berpelengkap 12 katup mampu mengeluarkan daya hingga 113.4 Hp pada 10.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 87.5 Nm pada 8.500 rpm.

Yamaha MT-09 sudah menggunakan teknologi crossplane crankshaft yang diklaim adalah adopsi dari tunggangan Yamaha di MotoGP.

Moge Yamaha ini sudah dibekali dengan tiga opsi berkendara, yaitu Mode Standar untuk menempuh perjalanan dengan ragam kondisi jalan. Kemudian Mode A yang bisa digunakan pemilik untuk mengeksploitasi kebuasan mesin, dan Mode B yang merupakan mode paling lembut dari kedua set up tadi.

Kawasaki Z900KOMPAS.com/Gilang Kawasaki Z900

Namun di atas kertas, motor ini masih kalah jika dibandingkan dengan rivalnya Z900. Motor naked buatan Kawasaki itu dibekali mesin 928cc yang mampu menghasilkan tenaga 123.29 Hp pada 9.500 rpm dengan torsi maksimal 98.6 Nm pada 7.500 rpm. Kawasaki Z900 menggunakan mesin DOHC empat silinder segaris.

Baca juga: Menu Hatchback Bekas Akhir September 2020, Banyak yang Dibawah Rp 100 Juta

Pada saluran buang, Kawasaki memiliki sedikit ubahan yaitu konstruksi pre-chamber dan silencer yang sudah dirancang ulang agar suara yang dihasilkan semakin berisik. Tidak hanya itu, Kawasaki Z900 diklaim sudah memenuhi standar emisi Euro 5.

Kawasaki Z900 juga sudah dibekali dengan empat mode berkendara yakni Sport, Road, Rain dan Manual.

Sayangnya, Kawasaki Z900 dalam pergantian giginya masih sebatas mengandalkan Assist and Slipper Clutsh, belum ada Quick Shifter. Sedangkan fitur ini sudah disematkan pada MT-09.

Traksi dan Pengereman

Baik MT-09 maupun Kawasaki Z900 memiliki kontrol traksi maupun pengereman yang serupa.

Kedunya menggunakan fork up side down (USD) berdiameter 41 mm di depan yang dipadukan dengan suspensi belakang tunggal (monoshock) dengan jarak main 130 mm.

Kesimpulan

Meski Kawasaki Z900 memiliki keunggulan dari sisi kubikasi yang lebih besar, namun MT-09 juga memiliki keunggulan dengan menawarkan lebih banyak kemudahan berkat quick shifter yang dimilikinya.

Harga
Yamaha MT-09 Rp 250 juta
Kawasaki Z900 Rp 235 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com