Suzuki Karimun Kotak, Pelopor City Car yang Harganya Masih Berkibar

Kompas.com - 29/09/2020, 09:12 WIB
Suzuki Karimun Kotak OLXSuzuki Karimun Kotak
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada kisaran tahun 2000-an mobil untuk segmen perkotaan atau city car tidaklah banyak seperti hatchback, sedan atau juga mobil multifungsi ( MPV).

Hingga pada 9 September 1999 Suzuki meluncurkan mobil pelopor city car pertama bernama Karimun. Sejatinya, Karimun merupakan kei car Suzuki untuk pasar domestik Jepang alias Japan Domestic Market (JDM).

Namun, kemudian mobil berukuran mungil dibekali mesin 1.000 cc ini masuk ke Indonesia. Wujudnya juga tergolong tidak biasa kala itu yakni boxy, sehingga mendapat sebutan Karimun Kotak.

Di awal kemunculannya, Karimun mendapatkan sambutan relatif baik di pasar domestik Indonesia. Mobil yang dipasarkan dengan harga di bawah Rp 100 juta ini begitu banyak peminatnya.

Baca juga: Wacana Pajak Nol Persen untuk Mobil Baru, Bikin Penjualan Mobil Bekas Goyang?

Salah satu alasannya, karena tidak banyak pabrikan kendaraan roda empat yang bermain di segmen mobil kota pada saat itu. Kemudian, Karimun yang mengisi segmen sekaligus menjadi pelopor kemunculan city car.

Suzuki Karimun KotakOLX Suzuki Karimun Kotak

Karimun Kotak mengusung mesin yang sama dengan Jimny, Corsa dan juga Carry yaitu F10A 1.000 cc 4-silinder 8 katup SOHC, dengan lima percepatan dan masih menggunakan karburator.

Common parts ini yang membuat keberadaan suku cadang cukup melimpah dan harganya juga masih sangat terjangkau, hingga saat ini.

Keberadaan sparepart yang masih terjaga inilah yang menjadi salah satu penyebab Karimun Kotak masih tetap dicari sampai saat ini.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan di Balai Lelang

Banyaknya peminat mobil pelopor city car membuat harga di pasaran juga tetap stabil bahkan bisa dikatakan cukup tinggi untuk kendaraan yang sudah berumur 20 tahun.

Di pasaran mobil bekas harga Karimun Kotak mulai dari Rp 44 jutaan hingga ada yang dijual di atas Rp 77 juta.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X