Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Karimun Kotak, Pelopor City Car yang Harganya Masih Berkibar

Kompas.com - 29/09/2020, 09:12 WIB
Ari Purnomo,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada kisaran tahun 2000-an mobil untuk segmen perkotaan atau city car tidaklah banyak seperti hatchback, sedan atau juga mobil multifungsi (MPV).

Hingga pada 9 September 1999 Suzuki meluncurkan mobil pelopor city car pertama bernama Karimun. Sejatinya, Karimun merupakan kei car Suzuki untuk pasar domestik Jepang alias Japan Domestic Market (JDM).

Namun, kemudian mobil berukuran mungil dibekali mesin 1.000 cc ini masuk ke Indonesia. Wujudnya juga tergolong tidak biasa kala itu yakni boxy, sehingga mendapat sebutan Karimun Kotak.

Di awal kemunculannya, Karimun mendapatkan sambutan relatif baik di pasar domestik Indonesia. Mobil yang dipasarkan dengan harga di bawah Rp 100 juta ini begitu banyak peminatnya.

Baca juga: Wacana Pajak Nol Persen untuk Mobil Baru, Bikin Penjualan Mobil Bekas Goyang?

Salah satu alasannya, karena tidak banyak pabrikan kendaraan roda empat yang bermain di segmen mobil kota pada saat itu. Kemudian, Karimun yang mengisi segmen sekaligus menjadi pelopor kemunculan city car.

Suzuki Karimun KotakOLX Suzuki Karimun Kotak

Karimun Kotak mengusung mesin yang sama dengan Jimny, Corsa dan juga Carry yaitu F10A 1.000 cc 4-silinder 8 katup SOHC, dengan lima percepatan dan masih menggunakan karburator.

Common parts ini yang membuat keberadaan suku cadang cukup melimpah dan harganya juga masih sangat terjangkau, hingga saat ini.

Keberadaan sparepart yang masih terjaga inilah yang menjadi salah satu penyebab Karimun Kotak masih tetap dicari sampai saat ini.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan di Balai Lelang

Banyaknya peminat mobil pelopor city car membuat harga di pasaran juga tetap stabil bahkan bisa dikatakan cukup tinggi untuk kendaraan yang sudah berumur 20 tahun.

Di pasaran mobil bekas harga Karimun Kotak mulai dari Rp 44 jutaan hingga ada yang dijual di atas Rp 77 juta.

Harga yang tinggi tersebut biasanya juga menyesuaikan dengan kondisi unitnya serta keaslian komponen maupun setiap bagiannya.

Suzuki Karimun KotakOLX Suzuki Karimun Kotak

Semakin banyak bagian yang orisinal harganya juga akan semakin tinggi. Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, populasi Karimun Kotak masih cukup banyak dan masih tetap diminati sampai sekarang.

“Di Jakarta atau daerah masih banyak banget Karimun Kotak, permintaannya juga masih stabil sampai sekarang,” katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurutnya, salah satu penyebab tingginya peminat mobil yang sudah berusia 20 tahun ini salah satunya karena biaya perawatan yang murah serta ketersediaan onderdilnya yang melimpah.

Baca juga: 10 Pilihan Mobil Bekas Rp 40 Jutaan Akhir Bulan Ini

“Mobil ini punya biaya perawatan yang rendah, suku cadang juga masih berlimpah dan murah, selain itu mobil-mobil yang retro gini mulai ramai lagi,” ujar Herjanto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com