Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Berniat Bikin Moge Roda Tiga Saingan Yamaha Niken

Kompas.com - 29/09/2020, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak diluncurkan di 2018, motor gede (moge) roda tiga Yamaha Niken tidak memiliki kompetitor. Belum lama ini, kabarnya Aprilia sedang menyiapkan lawan untuk Yamaha.

Motor roda tiga dengan dua roda di depan dan satu roda di belakang disebut juga dengan Leaning Multi-Wheel (LMW). Belum banyak pabrikan yang menggunakan teknologi tersebut.

Baca juga: Yamaha Niken dan Tenere 700 Jadi Motor Perang di PUBG Mobile

Dikutip dari Visordown.com, gambar paten yang beredar menunjukkan pengembangannya sudah cukup jauh. Detail dengan level tinggi juga terlihat jelas pada gambar tersebut.

Aprilia sedang kembangkan moge roda tiga, saingan Yamaha NikenVisordown.com Aprilia sedang kembangkan moge roda tiga, saingan Yamaha Niken

Jika proyek ini masih di tahap awal pengembangan, gambar bagian mesinnya akan terlihat lebih dasar. Namun, ada banyak detail yang bisa dilihat.

Bahkan, bisa teridentifikasi bahwa motor baru ini mengambil basis dari Aprilia Mana 850. Tapi, tentu akan ada banyak penyesuaian atau perubahan, baik di sektor mesin atau kaki-kaki.

Baca juga: Moge Roda Tiga Yamaha Niken Ternyata Sanggup Buat Freestyle

Bagian depan sudah pasti akan dirombak total. Tapi, teknologi yang digunakan diyakini tidak akan benar-benar menjiplak dari Piaggio MP3. Meskipun, Aprilia dan Piaggio masih berada dalam satu grup.

Teknologi LMW yang digunakan diyakini akan mirip dengan Niken. Tapi, tidak seperti Niken yang menggunakan suspensi depan upside down. Aprilia dikabarkan akan menggunakan coil-over.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com