Begini Cara Simpan Helm dengan Benar Selama PSBB Tahap Dua

Kompas.com - 19/09/2020, 15:42 WIB
Perawatan helm Foto: IstimewaPerawatan helm
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) tahap dua, mulai Senin (14/9/2020).

Sejumlah perkantoran swasta atau negeri memberlakukan work from home bagi para karyawanannya. Sekolah ataupun kampus pun masih memberlakukan sistem pengajaran secara online.

Kondisi ini sedikit banyak berpengaruh kepada para pengguna kendaraan di jalan yang akan berkurang. Tak hanya kendaraan yang jarang digunakan, tapi juga aksesoris seperti helm.

Baca juga: Awas Macet, Mulai Besok Gerbang Tol Tomang Ditutup Sementara

Cuci visor helmmedcom.id Cuci visor helm

Ahmad M dari komunitas pecinta helm, Belajar Helm, mengatakan, sebagai perangkat wajib berkendara kondisi helm harus sellau diperhatikan supaya fungsinya tetap maksimal saat digunakan.

“Kalau tidak dipakai dalam waktu lumayan lama, sebaiknya busa atau padding helm dilepas dan dipisahkan dengan shell helm,” ucap Ahmad, kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar busa helm tidak cepat kempis dan muncul bau tidak sedap. Busa sebaiknya dicuci dan disimpan di wadah yang tertutup rapat.

Baca juga: Ingat, Begini Cara Menyalakan Mesin Mobil yang Benar

Pilihan helm di booth helm NHK GM VOG MAZ MIX di Jakarta Fair KemayoranOtomania/Setyo Adi Pilihan helm di booth helm NHK GM VOG MAZ MIX di Jakarta Fair Kemayoran

Sementara shell dan visor helm bisa diletakkan di dalam ruangan tertutup dan tidak langsung terkena pancaran sinar matahari.

Shell helm bisa diletakkan di rak atau lemari khusus, tujuannya agar tidak berdebu,” ujar Ahmad.

Namun bagi Anda yang tidak memiliki tempat penyimpanan khusus, shell helm bisa dimasukkan ke dalam sarung bawaan helm dan disimpan di tempat yang aman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X